27C
Manado
Sabtu, 27 Februari 2021

APBD Rp1 T Kans Digeser

MANADOPOST.ID—Transisi kepemimpinan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) sementara berlangsung. Informasi didapat, beragam program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Joune Ganda-Kevin William Lotulung (JG-KWL) bakal langsung diakomodir, tahun ini.

Kepala Badan Keuangan Minut Petrus Macarau mengungkapkan, pergeseran sejumlah mata anggaran dalam APBD 2021 wajib dilakukan. Hal tersebut untuk mengakomodir program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Terpilih. Dijelaskannya, pergeseran dilakukan usai Bupati dan Wakil Bupati baru dilantik.

“Pagu APBD tetap Rp1,009 T, pembiayaan untuk apa saja itu yang nanti dikaji pemimpin yang baru. Nanti beliau berdua yang akan menentukan anggaran mana yang harus direvisi mana yang bisa tetap dilanjutkan. Tetapi tentu saja harus dengan seizin dan dikoordinasikan dengan DPRD,” ungkapnya kemarin.

Lanjut dia, usai diputuskan mata anggaran mana saja yang digeser, pihaknya akan langsung mengkoordinasikannya dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Kita sekarang menjalankan anggaran dulu. Karena ada kebutuhan-kebutuhan mendesak untuk membiayai kegiatan di OPD,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Denny Lolong memastikan pihaknya akan mengawal proses transisi kepemimpinan di Pemkab Minut. Termasuk pengalokasian anggaran untuk menunjang 100 hari kerja pertama JG-KWL usai dilantik.

“Itu sebabnya memang belum bisa efektif kegiatan di semua OPD. Karena memang beberapa akan direvisi. Kita terus mengawal agar perpindahan kekuasaan di Pemkab bisa berjalan lancar dan sesuai aturan,” terang dia.

Sebelumnya, JG sendiri memastikan akan langsung tancap gas di 100 hari kerja pertama usai dilantik sebagai Bupati Minut. Koordinasi dengan OPD akan dilakukan untuk mendapat masukan-masukan terkait kebijakan apa saja yang akan diambil.

“Termasuk dalam birokrasi. Kita akan lakukan penataan secara transparan. Pejabat harus ditempatkan di posisi yang pas dengan bidang dan kemampuannya,” tukasnya. (jen)

Artikel Terbaru

JG Siapkan Pergeseran Anggaran

Kapolda-Danrem Kunjungi Talaud