26C
Manado
Senin, 19 April 2021

Putra Tonsea Terpilih Jadi Calon Paskibraka di Istana Negara

MANADOPOST.ID–Warga Minahasa Utara (Minut) boleh berbangga. Putra terbaik Tanah Tonsea Arel Tangkilisan, siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Airmadidi, didapuk menjadi salah satu calon petugas Upacara Hari Kemerdekaan di Istana Negara, 17 Agustus mendatang.

RAUT bahagia tak terelakan. Kala putra pertama pasangan Bletty Tangkilisan dan Elke Polii diumumkan menjadi perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) sebagai calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Remaja kelahiran Lembean, 9 Februari 2006, berhasil mengalahkan para pesaingnya dari 14 kabupaten/kota lain di Bumi Nyiur Melambai.

Arel, sapaan akrabnya lolos bersama Chyanda Ravaella Johannes, siswi kelas X MIPA 4 SMA Katolik Rex Mundi, sebagai perwakilan putra dan putri asal Sulut. Ibunda Arel, Elke Tangkilisan-Polii mengaku sangat bahagia seketika tahu putranya masuk anggota Paskibraka tahun ini.

Dia bercerita, menjadi anggota Paskibraka sejak awal memang menjadi impian anak sulung dari dua bersaudara itu. Arel bahkan memilih bersekolah di SMAN 1 Airmadidi agar bisa mengikuti seleksi. “Dia (Arel, red) kan SMPnya di SMP Klabat, maunya SMA juga di sana. Tetapi karena ada kendala dia menjadi anggota Paskibra kalau di sana, jadi pilih SMA 1 Airmadidi,” ungkap Sang Ibunda.

Lanjut Elke, beragam persiapan sudah dilakukan Arel jauh sebelum seleksi dilaksanakan. Mulai dari latihan fisik hingga rutin menyaksikan tutorial di YouTube. Apalagi sang putra memang hobi olahraga lari dan bermain voli.

Kini, setelah lolos sampai ke tingkat nasional, Arel bersama keluarga menunggu informasi lanjutan dari pihak berwenang. Selain itu, mereka juga berharap adanya perhatian pemerintah. “Kita bersyukur dengan lolosnya Arel karena dampaknya juga kan ke masa depannya. Apalagi anak ini punya cita-cita masuk Akmil. Semoga semua bisa tercapai atas seizin Tuhan,” tutur warga Airmadidi Atas, Kecamatan Airmaidi tersebut.

Sementara itu, Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut Intan Rona Wenas menjelaskan, Arel lolos setelah melewati tahapan seleksi. Mulai dari sekolah, kabupaten hingga provinsi. “Seleksi di tingkat provinsi itu digelar 21-23 Maret. Setelah tiga hari seleksi, diputuskan satu pasang yang lolos, salah satunya Arel,” tutur Hukum Tua Watutumou III, Kecamatan Kalawat itu.

Nantinya, Arel dijadwalkan akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti karantina sebulan sebelum bertugas, artinya 17 Juli. Beragam pemantapan dilakukan termasuk penguatan fisik dan wawasan kebangsaan remaja 15 tahun itu.

“Yang pasti kami bersyukur dan mengucapkan selamat kepada Arel. Harapannya pemerintah provinsi dan kabupaten bisa memberikan perhatian dan penghargaan atas perjuangan Arel. Kami tentu sebagai PPI Sulut berharap, perwakilan kita bisa masuk formasi tim inti atau tim 8 nantinya,” harap calon kuat Ketua PPI Minut tersebut.

Sebelumya, dipilihnya sepasang calon anggota Paskibraka asal Sulut menindaklanjuti surat Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, B-PP.00.00/3.31.1/D-II.2/III/2021 tanggal 31 Maret 2021. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulut Mercel Sendoh mengatakan, dua utusan Sulut tersebut asal Manado dan Minut.

“Jadi Arel dan Chya terpilih usai seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi Sulut belum lama ini yang dinilai tim juri TNI, Polri, akademisi, jurnalis, psikolog, PPI dan unsur Dispora Daerah Provinsi Sulut. Kita optimis kedua utusan ini mampu memberikan hasil yang baik pada seleksi Paskibraka tingkat nasional nanti,” tutupnya. (jen)

Artikel Terbaru