alexametrics
31.4 C
Manado
Sabtu, 23 Oktober 2021
spot_img

Open Bidding Segera Digelar, Ini Deretan Pejabat yang Berpeluang Jabat Sekkab Minut

 

MANADOPOST.ID—Wacana rolling jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) ternyata ikut menyasar kursi Sekretaris Daerah (Sekda). Sinyal itu diakui Bupati Joune Ganda (JG) saat diwawancarai awak media, akhir pekan lalu.

JG mengakui turut mempersiapkan proses open biding untuk jabatan yang saat ini ditempati Jemmy Kuhu tersebut. “Sekda sedang kita proses juga. Termasuk Pak Sekda. Karena Pak Sekda juga kan sudah lama. Empat tahun lebih,” ungkapnya kala memberikan tanggapan terkait proses rolling jabatan yang akan dilakukan jelang enam bulan menjabat.

Namun, dia menyebut semua tergantung izin pusat. Seperti sebelumnya, setelah ada rekomendasi kementerian barulah pelantikan dilakukan. Politisi PDI Perjuangan itu tak menampik kemungkinan pejabat yang dipilih berasal dari luar Pemkab Minut.

“Sudah ada banyak permohonan mutasi dari luar. Dari Pemprov juga. Yang pasti intinya, the right man on the right place,” tegasnya.

Kini, sejumlah nama hangat dikabarkan masuk bursa pemilik DB 6 F. Informasi didapat, posisi tersebut bakal diisi pejabat dari Pemprov Sulut. Tak mengherankan. Pasalnya, dua pejabat sebelumnya juga berasal dari provinsi.

Nama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Ronald Sorongan paling santer terdengar menjadi suksesor Kuhu. Dia dikenal dekat dengan PDI Perjuangan. Bahkan, Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Sulut itu dikabarkan sudah beberapa kali bertemu dengan JG.

“Kita ini pamong. Apapun perintah pimpinan kita laksanakan. Tapi sekarang saya ini PNS Pemprov, jadi kita fokus pada tugas-tugas di provinsi,” tutur mantan Kadis Perikanan dan Kelautan Sulut. Tak hanya Sorongan, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Sulut Steve Kepel juga digadang-gadang menempati jabatan tersebut. Sementara itu, ada dua nama lain yang masuk bursa, Kepala Biro Umum Clay Dondokambey dan Kepala Biro Hukum Setprov Sulut Flora Krisen. Namun keduanya terhalang baru menjabat satu kali jabatan eselon II. Aturannya, peserta lelang jabatan Sekda harus sudah dua kali menjabat jabatan eselon II.

Meski begitu, peluang pejabat internal Pemkab Minut juga terbuka. Informasi didapat, ada sejumlah pejabat yang dipertimbangkan JG untuk menggantikan Kuhu. Di antaranya Asisten III Rivino Dondokambey, Kepala Badan Keuangan Petrus Macarau hingga Kepala Kesbangpol Lilly Lengkong.

Ketiganya disebut paling diperhitungkan JG dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung. “Belum pasti. Hanya saja, beberapa kali perintah Pak Bupati mampu diterjemahkan dengan baik oleh beberapa pejabat yang sekarang dalam tanda petik jadi andalan beliau. Beberapa di antaranya ya tiga orang itu,” bisik sejumlah orang dekat bupati. (jen)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru