33 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Kepala BPN Minut Tak Transparan

MANADOPOST.ID—Komitmen transparansi pelayanan sertifikasi lahan yang digaungkan pemerintah pusat, rupanya tak didukung penuh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minahasa Utara (Minut).

Hal itu terlihat dari sikap Kepala BPN Minut Remlin Sinurat yang enggan memberikan akses kepada media massa untuk mendapatkan informasi terkait pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Tanah Tonsea.

Dalam beberapa kesempatan, Sinurat menolak menemui wartawan yang berkunjung di kantornya. Bahkan, staf BPN Minut tak segan mengusir wartawan yang datang menemui Sinurat. “Tunggu di luar. Jangan di sini,” ujar salah seorang staf dari dalam kantor.

Pantauan Manado Post, pelayanan di kantor BPN Minut memang semrawut. Loket tampak kosong saat masih jam operasional pelayanan. Aktivis sosial pemerintahan Minut Will Luntungan menyesalkan sikap Sinurat.

Bagi dia, di tengah gencarnya upaya pemerintah dalam memberikan kepastian hukum kepemilikan lahan, aparat terkait wajib transparan. Perlu dievaluasi kinerja Kepala BPN Minut.

“Apalagi lembaga seperti BPN ini rentan sekali. Tidak boleh menutup diri. Karena masyarakat harus mendapat informasi terkait progres sertifikasi lahan. Apakah sudah sesuai prosedur atau tidak,” tukasnya.

Saat kembali coba dikonfirmasi kembali, Sinurat enggan memberikan komentar. Dia berkilah akan melakukan rapat hingga malam hari. Pun saat istirahat, dia tetap akan mengikuti video confrence.

“Begitu petunjuk Ibu Kepala (tidak ingin menemui wartawan). Kami hanya menjalankan tugas,” tutur petugas di depan kantor BPN Minut yang engan namanya dikorankan. (jen)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru