22 C
Manado
Selasa, 27 Oktober 2020

Asisten II Halangi Kerja Jurnalis, Pjs Bupati Diminta Evaluasi Kinerja Mingkid

MINUT— Perlakuan kurang menyenangkan dialami salah satu wartawan saat melaksanakan tugas liputan kegiatan PJs Bupati Minut Clay Dondokambey SSTP MAP.

Adalah Asisten II Pemkab Minut Allan Mingkid, yang tidak mengizinkan wartawan melakukan perekaman kegiatan Rapat EPRA Pemkab Minut dengan alasan rapat dan tidak bisa dilakukan peliputan. Padahal lokasi rapat adalah ruang terbuka yakni di Atrium Kantor Bupati Minut, Rabu (14/10).

Menurut Diana Massie, wartawan Biro Minut, dirinya saat melakukan peliputan dan perekaman audio pelaksanaan rapat EPRA Pemkab Minut tersebut, pada sesi penjelasan kepala BKD terkait pakaian dinas setiap ASN, tiba-tiba Mingkid dengan menggunakan pengeras suara menyampaikan tidak boleh melakukan perakaman dan melarang Massie yang saat itu berada di salah satu pelantang audio bermaksud merekam. “Tolong jangan dulu direkam itu pak-bu kita lagi rapat dinas ini tolong jangan di tekam maaf maaf ya,” katanya beralasan dan tetap tidak mengizinkan kegiatan peliputan.

Massie yang memang membutuhkan audio sebagai bahan berita, ketika mendapat perlakukan tersebut sangat kecewa. “Suara itu sangat perlu bagi kami media radio. Kami kan akan juga mensosialisasikan ke masyarakat, kerja serta upaya Pemkab Minut dalam penegakan aturan. Kalau ini rapat tertutup kenapa harus di ruang terbuka yang siapa saja bisa mengakses semua pembicaraan. Sayang sekali pak Pjs sangat welcome dengan tugas media tapi dia (mingkid) sangat sangat mengecewakan,” sembur Massie.

‘Pelecehan’ tugas jurnalistik ini mendapat reaksi keras seluruh anggota Forum Jurnalis Biro (Forjubir) Minut dan meminta agar Pjs Bupati mengevaluasi kinerja Mingkid. “Kami melihat ini bukan perintah Pjs Bupati, tetapi inisiatif yang bersangkutan, seolah-olah ketakutan sebab ada yang disembunyikan dan takut diberitakan. Tindakan menghalangi tugas jurnalis dalam forum resmi adalah tindakan pelecehan dan arogansi. Forjubir Minut dengan tegas mengutuk tindakan arogansi Asisten II Pemkab Minut ini kepada wartawan yang melakukan tugas jurnalistik, dan ini untuk tidak terjadi di masa yang akan datang,” kata Stenly Lumempouw Ketua Forjubir Minut.(tr-22)

-

Artikel Terbaru

Silangen Dilantik, MJP Tantang Tetap Kritis pada Pemprov

Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Fransiscus Andi Silangen sah dilantik, kemarin. Banyak ucapan dan harapan mengalir dari rekan sekerjanya di DPRD Sulut. Salah satunya dari personel Komisi IV DPRD Sulut Melky J Pangemanan (MJP).

Taati Protokol Kesehatan saat Berlibur, Clay: Harus Disiplin dan Peduli

Akhir pekan ini, bakal ada libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad, 28-30 Oktober. Momen liburan panjang seperti ini biasanya dimanfaatkan untuk liburan. Mengingat pandemic Covid-19 belum berlalu, Pjs Bupati Clay JH Dondokambey SSTP MAP pun meminta masyarakat Minahasa Utara yang hendak berlibur, agar menerapkan protokol kesehatan secara disiplin supaya tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Warga Bitung Siap Bawa Kemenangan untuk VAP-HR

Dukungan untuk calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mengalir. Warga dari segala penjuru Sulut tak henti menyatakan dukungan untuk paslon nomor urut dua yang diusung partai NasDem ini. Seperti terpantau Senin (26/10), saat VAP-HR menggelar kampanye terbatas di sejumlah lokasi di Bitung, antusias warga tak terbendung meski kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Keke Minahasa Lolos Pantukhir Seleksi WARA Tingkat Sulut

Mariska Onibala, berhasil lolos kegiatan penentuan terakhir (pantukhir) seleksi Penerimaan Bintara PK (WARA) Wanita Angkatan Udara Gelombang II TA 2020, di Balai Prajurit Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulut, Senin (26/10).

Nostalgia di Persekolahan Advent Unklab, Clay: Saya Jualan Roti

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minut Clay June Dondokambey SSTP MAP, Senin (26/10) diundang ke talkshow Unklab Adventist Laboratory School. Kepala Biro Umum Pemprov Sulut ini pun diajak bernostalgia di Persekolahan Advent Unklab.