25 C
Manado
Sabtu, 15 Mei 2021
spot_img

Target 10 Ribu Penerima, Daftar BPUM di Minut Cukup di Desa/Kelurahan

MANADOPOST.ID—Para pelaku usaha mikro di Bumi Tumatenden yang ingin jadi penerima Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun ini, jangan salah alamat. Proses pendaftaran di Minahasa Utara (Minut) tak langsung ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) yang membidangi Koperasi dan UMKM di Tanah Tonsea. Namun cukup melalui pemerintah desa/kelurahan.

Kadisnaker Minut Hanny Kumontoy mengakui proses pemberkasan pendaftaran calon penerima BPUM di Minut memang berbeda dari kabupaten/kota lain yang langsung melalui dinas terkait. Langkah itu, kata dia diambil untuk mengefektifkan sistem birokrasi pemerintahan. Serta efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program pemerintah pusat tersebut.

Dia menyebut surat edaran telah disampaikan, kemarin (13/4). Dalam surat tersebut, pihaknya memberikan batas waktu kepada pemerintah desa/kelurahan hingga 20 April mendatang, untuk mengirimkan data calon penerima di masing-masing wilayah kerja.

“Jumlah kuota yang kita sampaikan di 11 kecamatan sebanyak 10 ribu. Kuota di masing-masing kecamatan juga berbeda,” ungkapnya kepada Manado Post, Rabu (14/4).

Dengan kebijakan tersebut, para pendaftar tak lagi perlu datang ke kantor Dinasker Minut. Calon penerima cukup berurusan dengan pemerintah kelurahan/desa. Pihaknya nanti yang melakukan verifikasi berkas untuk dikirimkan ke Diskop UMKM provinsi.

“Kemarin memang sudah ada yang ke kantor untuk mendaftar tetapi sudah kita arahkan ke pemerintah desa maupun kelurahan. Nanti datanya masuk sekalian. Karena baru kemarin suratnya, kita prediksi minggu depan sudah ada datanya. Kalau sekarang belum ada yang masuk,” bebernya.

Dibeberkannya, sepanjang tahun lalu, ada 19 ribu warga Minut yang jadi penerima. Namun karena melalui banyak instansi, pihaknya belum bisa mengevaluasi pelaksanaan program.

“Kalau tahun lalu kan itu bisa masuk dari banyak pintu. Kalau sekarang hanya melalui kita. Nah kita libatkan itu hukum tua dan camat karena mereka yang lebih tahu siapa saja yang butuh dan layak terima bantuan tersebut,” tukasnya. (jen)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru