25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

JG-KWL Dilantik 26 Februari, Kuhu Plh Bupati

MANADOPOST.ID—Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Minahasa Utara (Minut) Jemmy Kuhu didapuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati per 17 Februari, besok. Penunjukan itu dilakukan seiring dengan penundaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Joune Ganda-Kevin W Lotulung (JG-KWL).

Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Biro Pemerintahan Setprov Sulut Jemmy Kumendong kepada Manado Post, kemarin. Menurut dia, pelantikan tertunda karena beberapa daerah lain terlambat memasukkan kelengkapan berkas administrasi di Kemendagri.

“Karena ini sifatnya serentak jadi harus menunggu yang lain lengkap berkas dulu. Baru dilantik sama-sama,” ungkap dia.

Berdasarkan hasil rapat virtual pihaknya dengan Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, penundaan bisa sampai 26 Februari.

“Untuk itu, Sekda di masing-masing daerah akan menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati/Wali Kota. Nanti akan ada radiogramnya. Tinggal menunggu Pak Gubernur tiba dari Jakarta,” jelasnya.

Diketahui, selain Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan Wakil Bupati Joppi Lengkong, empat kepala daerah lain si Sulut akan mengakhiri masa jabatannya besok.

Di antaranya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan, Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan serta Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur.

Sekkab Jemmy Kuhu saat dikonfirmasi tak ingin berkomentar lebih. Dia mengaku masih harus menunggu radiogram dari Gubernur Olly Dondokambey.

“Tunggu radiogram saja dulu. Yang pasti kami siap menjalankan tugas yang diberikan. Terutama dalam mempersiapkan peralihan kepemimpinan di Pemkab Minut,” pungkasnya. (jen)

Artikel Terbaru