25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Enam Kecamatan Paling Rawan Bencana

MANADOPOST.ID—Warga di Minahasa Utara (Minut), wajib waspada. Intensitas hujan dan angin kencang diprediksi masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Minahasa Utara (Minut) Joefita Supit menyebut, enam daerah paling rawan. Di antaranya, Likupang Timur, Kema, Airmadidi, Kauditan, Dimembe dan Kalawat. Di Likupang Timur, ada dua desa rawan bencana. Yaitu, Likupang Satu dan Likupang Dua.

Sementara itu, banjir dan longsor juga rawan terjadi di Kecamatan Dimembe. Khususnya di wilayah Desa Lumpias, Perumahan Helena Desa Matungkas dan Desa Warukapas, tepatnya di seputaran kampung islam.

Sedangkan di wilayah pesisir Kema, ada beberapa titik rawan longsor ketika hujan lebat. Di Kecamatan Kauditan yang memiliki beberapa titik galian C, juga rawan. Di Airmadidi, selain karena ada galian C, Desa Sawangan yang dialiri DAS Tondano hingga ke Desa Watutumow, Kecamatan Kalawat, membuat bencana sangat berpotensi terjadi di sana.

Dijelaskan Supit, pada awal Desember lalu, Bupati Vonnie Anneke Panambunan telah mengeluarkan SK kesiapsiagaan berupa imbauan ke tingkat kecamatan.

“Diharapkan agar memang sejak jauh-jauh hari masyarakat dapat waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi berbagai kemungkinan. Rentetan bencana ini memang sudah kita prediksikan mengacu data BMKG,” jelasnya sembari meminta para nelayan agar tidak melaut untuk sementara waktu hingga situasi membaik.

Sekretaris BPBD Hanny Kumontoy menambahkan pihaknya sudah menyiagakan tim reaksi cepat (TRC). Meski diakuinya, personel terbatas. TRC yang disiagakan hanya mereka yang berstatus sebagai ASN, sedangkan yang honorer belum kembali bekerja. “Di lapangan kami berkoordinasi langsung dengan personel TNI/Polri dan Basarnas untuk membantu tugas TRC,” tutupnya. (jen)

Titik Rawan Bencana di Minut:
1. Kecamatan Likupang Timur
Desa Likupang Satu
Desa Likupang Dua
2. Kecamatan Kema
Wilayah pesisir pantai
3. Kecamatan Airmadidi
Desa Sawangan (Aliran DAS Tondado)
(Daerah Galian C)
4. Kecamatan Kauditan
(Daerah Gailan C)
5. Kecamatan Dimembe
Desa Lumpias
Desa Matungkas (Perumahan Helena)
Desa Warukapas
6. Kecamatan Kalawat
Desa Watutumow (Aliran DAS Tondano)

Sumber: BPBD Minut

Artikel Terbaru