26C
Manado
Minggu, 28 Februari 2021

Alfamart Dideadline Dua Minggu Tuntaskan Pengolahan Limbah Pabrik

MANADOPOST.ID—PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Manado diwarning segera memperbaiki proses pengolahan limbah pabrik yang disinyalir merugikan masyarakat di seputaran Desa Karagesan, Kecamatan Kauditan.

Pantauan Manado saat legislator DPRD Minut berkunjung ke kantor cabang sekaligus pabrik Alfamart Manado, memang tak nampak adanya sistem pengolahan sampah yang representatif. Hanya tampak galian besar kosong yang tidak ada airnya. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) juga urung ditunjukkan.

Ketua Komisi III Jemmy Mekel mengatakan, pihaknya kini memberikan kesempatan kepada perusahaan retail tersebut untuk memperbaiki pengolahan limbah dan sampah pabrik.

“Kami komisi II DPRD Minut masih memberikan kesempatan dua minggu bagi perusahan untuk memperbaiki pengelolaan air limbah yang tidak sesuai. Jika, dalam waktu dua minggu belum juga diselesaikan maka kami akan lakukan hearing,” ungkap dia.

Pihaknya sudah rapat dengan dinas terkait. Hasilnya memang ditemukan sejumlah kejanggalan terhadap aktivitas Alfamart Manado. Dibeberkannya, proses rekrutmen pekerja yang tak melibatkan warga lokal di seputaran pabrik dan kantor pusatnya di wilayah Karegesan.

“Menurut hukum tua setempat juga CSRnya hanya diberikan untuk bantuan kepada anak sekolah saja. Padahal harapannya bisa ada kontribusi langsung bagi pembangunan desa,” tutur dia.

Sementara itu, Danang Firmansyah General Service Manager mengungkapkan, pengolahan sampah dan limbah pabrik sudah ada bagian sendiri yang mengatur.

Tetapi sejauh ini sudah dilakukan sesuai protap. “Pak BM memang sedang sakit jadi tidak bisa mendampingi kunjungan anggota dewan,” tuturnya kala itu. (jen)

Artikel Terbaru