31.4 C
Manado
Rabu, 4 Agustus 2021
spot_img

Enam Kecamatan di Minut Zona Merah, 337 Pasien Positif Sedang Dirawat

 

MANADOPOST.ID—Kasus Covid-19 di Minahasa Utara (Minut) melonjak drastis. Bahkan saat ini, lebih dari separuh wilayah Minahasa Utara (Minut) masuk zona merah.

Dengan total pasien terkonfirmasi positif yang dirawat di rumah sakit mencapai 337 orang dan 302 lainnya menjalani isolasi mandiri.

Update data Satgas Covid-19 Pemkab Minut menunjukkan total pasien yang terkonfirmasi positif 1.834 orang. 1436 di antaranya sembuh, sedangkan 61 lainnya meninggal. Dalam penentuan zonasi, enam kecamatan zona merah. Dua oranye dan dua kuning.

Kepala Dinas Kesehatan Youce Togas, berbagai hal menjadi penyebab. Di antaranya akses keluar masuk orang dari Minut. Selain itu, masih maraknya pelaksanaan acara atau pesta yang mengakibatkan berkumpulnya massa.

Pihaknya pun berupaya agar ketersediaan fasilitas bisa terjamin. “Soal fasilitas Kuta berupaya keras. Kami sudah meminta rumah sakit menambah ketersediaan ruangan isolasi,” ungkap dia.

Kasie P2PTM-Keswa Dinkes Minut dr Kosmas Rarun mengakui kuat dugaan virus Covid-19 varian Delta sudah ada yang menulari warga Minut.

“Kemungkinan itu sangat besar melihat peningkatan tajam beberapa waktu ini. Tapi memang itu harus dikirim ke pusat untuk diteliti di laboraturium khusus kebenarannya. Tetapi melihat kasus yang terjadi, hampir pasti sudah ada,” bebernya kepada Manado Post.

Olehnya peran serta kesadaran masyarakat sangat menentukan dengan mematuhi protokol kesehatan. “Kami dari Dinkes sudah pasti menggencarkan tracing dan juga vaksinasi. Untuk kebijakan lain itu juga menjadi kewenangannya satgas Covid-19,” terang dia.

Soal ketersediaan fasilitas, dia memastikannya. Empat rumah sakit di Minut siap menampung pasien dengan gejala parah. “Jadi bagi yang memiliki gejala tolong langsung menghubungi petugas agar bisa cepat ditangani. Kami berharap kerjasama dari semua pihak,” tukasnya. (jen)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru