31.4 C
Manado
Rabu, 4 Agustus 2021
spot_img

Serapan Anggaran Pemkab Minut Belum 50 Persen, EPRA Tak Digelar, OPD Evaluasi Mandiri

 

MANADOPOST.ID—Rapat Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) di semester I Tahun Anggaran (TA) 2022, tak digelar. Kepastian itu diungkapkan Sekkab Jemmy Kuhu melalui Kabag Pembangunan Usman.

“Karena situasi pandemi ini sehingga tidak dilaksanakan. Evaluasi di masing-masing OPD,” ungkapnya.

Informasi didapat, serapan anggaran Pemkab Minut berada di kisaran 30 persen. “Ini sedikit lebih baik dari kabupaten/kota lain meskipun seharusnya kan 50 persen.

Tetapi karena di awal tahun ini, banyak yang harus kita lewati seperti refocusing dan pergeseran anggaran. Dalam rapat lalu juga termasuk baik capaian Pemkab Minut,” jelas Kaban Keuangan Minut Petrus Macarau.

Diketahui, serapan anggaran sektor infrastruktur jadi salah satu yang belum maksimal. Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Minut Bobby Najoan mengakui lelang proyek belum berjalan.

“Proyek yang jalan baru penunjukkan langsung. Ada beberapa yang sudah sementara lelang tetapi kan perlu proses. Apalagi di ULP ada kajian-kajian untuk anggaran DAK,” ungkapnya.

Kata dia, lelang proyek memang agak tertunda karena proses refocusing dan pergeseran anggaran yang belum lama ini tuntas. “Jadi baru bisa running setelah triwulan satu,” tuturnya.

Dia berharap, ada kesigapan dari para pihak ketiga sehingga tidak ada keterlambatan. Jadi proses bisa berlangsung cepat.

Sayang dia enggan merinci proyek apa saja yang sedang ditender dan akan dikerjakan sepanjang 2021. Meski begitu, dia berharap bisa memacu serapan anggaran di semester II nantinya.

“Kita akan berupaya agar tidak ada silpa dan proyek bisa selesai tepat waktu,” tukasnya. (jen)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru