25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Pohon Tumbang Timpa Mobil di Minut, Tim Gerak Cepat Evakuasi Korban

MINUT—Jumat (20/11) gempa terjadi di wilayah Minahasa Utara (Minut). Akibat gempa tersebut, pohon tumbang menimpa mobil yang didalamnya terdapat 2 penumpang. Sementara di lokasi tambang di Tatelu, terjadi longsor mengakibatkan 1 orang terjatuh.

Tim yang terdiri dari personel Polres Minut, Basarnas, TNI, BPBD, pemadam kebakaran, PLN, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan potensi SAR, pun langsung bergerak cepat untuk 1 misi menyelamatkan korban.
Ini merupakan rangkaian simulasi penanggulangan bencana dan evakuasi korban untuk menanggulangi apabila terjadi musibah atau bencana di Minut.
Kapolres Minahasa Utara AKBP Grace KD Rahakbau SIK MSi mengapresiasi seluruh anggota yang terlibat dalam simulasi penanggulangan bencan terutama Basarnas yang sudah menjadi tuan rumah untuk lokasi latihan simulasi dan menjadi tim inti di latihan ini.

“Kami harap semua anggota yang terlibat bisa memahami tahapan tahapan dalam penanggulangan bencana dan proses evakuasi. Latihan ini akan kami adakan per 3 bulan sekali untuk memobilisasi anggota yang terlibat. Sehingga apabila ada laporan kejadian sesungguhnya bisa saling berkoordinasi dan penanganan akan lebih cepat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Manado Suhri NN Sinaga SE MM, merasa bangga Kapolres Minut menunjuk langsung Kantor Basarnas menjadi tuan rumah. “Kami mengapresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh tim yang terlibat dalam pelatihan simulasi ini. Terutama rescuer Basarnas Manado yang sudah bekerja dan menjalin kerjasam dengan potensi Sar sehingga pelatihan simulasi ini berjalan dengan sukses,” katanya.

Dia pun sangat setuju dengan Kapolres Minuy bahwa dalam per tiga bulan akan ada latihan bersama sehingga apa yang diharpkan bisa tercapai yaitu bisa mengevakuasi dan membantu masrakat yang terdampak musibah atau bencana. “Kami selaku instansi pemerintah membuka pintu lebar lebar bagi masayrakat atau instansi pemerintah yang ingin belajar dan mengetahui cara cara evakuasi korban atau latihan di medan ketinggian di tower silahkan saja datang kami siap,” tandasnya.(ria)

-

Artikel Terbaru

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).

Percepat dan Perluas ETP Daerah

MANADOPOST.ID--Bupati Sitaro Evangelian Sasingen didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar menghadiri webinar akselerasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), secara virtual di Media Center Sitaro, Selasa (24/11).