25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

46 Desa di Minut Dipimpin Plt Hingga Awal 2022

MANADOPOST.ID—Kekosongan jabatan hukum tua di 46 pemerintah desa di Minahasa Utara (Minut), dipastikan belum akan terisi tahun ini.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Alfred Pusungulaa mengatakan, pemilihan hukum tua (Pilhut) di Minut, memang tidak dianggarkan di 2021. Hal itu dilakukan dengan mempertimbangkan sejumlah alasan.

“Salah satunya karena pelaksanaan Pilhut memang hanya dibatasi tiga kali dalam enam tahun. Sementara kita sudah melaksanakan dua kali,” urainya, kemarin.

Lanjut dia, bila dipaksakan digelar tahun ini, kekosongan jabatan hukum tua akan berlangsung lebih lama. Sejauh ini, jabatan hukum tua di 46 desa diisi Pelaksana Tugas (Plt). “Nah nanti kita rencanakan Pilhut akan digelar serentak 2022 atau tahun depan,” jelas dia.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Minsel Vincent Mekel berpendapat, ada baiknya kekosongan jabatan hukum tua definitif tidak dibiarkan terlalu lama. Demi menjaga stabilitas pemerintahan di desa.

Baginya, penunjukan Plt sah-sah saja, tetapi kewenangannya dibatasi. “Mereka juga hanya bisa merencanakan program jangka pendek. Dan bisa kapan saka diganti. Berbeda dengan yang sudah definitif, masa jabatannya jelas,” nilai dia.

Meski begitu, pola koordinasi dengan pemerintah desa yang dipimpin Plt bisa lebih efektif. Sebab, yang bersangkutan selain membawa kepentingan masyarakat di desa tersebut, tapi juga punya tanggung jawab untuk megeksekusi program kerja Pemkab Minut di tingkatan desa.

“Memang ada plus minusnya. Tinggal bagaimana pengawasan itu dilakukan secara maksimal agar tidak ada penyimpangan dan pembangunan di desa bisa lebih efektif,” kuncinya. (*)

Artikel Terbaru