26 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Sambul Klarifikasi Dugaan Skandal Pajak ke Kejari

MINUT— Audi Sambul, mantan Kabid Pajak Dinas Keuangan Minut (sekarang Badan Keuangan, red) buka suara terkait skandal dugaan penggelapan pajak TA 2012-2013 di Dinas Keuangan, berbandrol sekira Rp 1 miliar.

Sambul menurutkan, dia sudah dipanggil dan memberikan klarifikasi ke pihak Kejari Minut terhadap persoalan tersebut. “Saya tegaskan bahwa jika memang ada penyimpangan anggaran itu menjadi kesalahan petugas pemungut pajak,” kata pria yang kini menjabat Kadis Pariwisata Minut itu.

Dia membeber, teknis penarikan pajak terhadap wajib pajak, harus dilalukan secara mandiri oleh yang bersangkutan. Namun jika berhalangan, bisa diwakilkan ke petugas pemungut di lapangan. “Saya diperintahkan mantan Bupati Minut Drs Sompie Singal, merangkap jabatan dari Kabid Aset ke Kabid Pajak pada Oktober 2013. Kabid Pajak yang saya gantikan kala itu adalah almarhum Oscar Korompot dan masa jabatan saya di kabid pajak hanya berlangsung selama tiga bulan hingga Desember 2013,” tandasnya.

Informasi diperoleh, kasus dugaan penggelapan pajak ini diduga dimotori oleh oknum ASN berinisial PP alias Peggy. Saat itu dana pajak yang digelapkan berasal dari tagihan milik perusahaan minuman bersoda di Kauditan sekitar Rp 300 juta, perusahaan perhotelan di Wori sekira 400 juta, sisanya berasal dari pajak air tanah, serta beberapa pajak restoran dan rumah makan yang tersebar di Minut.

Selain Sambul, sejumlah nama seperti mantan Kadis Keuangan AF dan eks top eksekutif SS juga akan diminta klarifikasi oleh Kejari.(tr-22/ria)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.