32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

Dua Pekan Depan, BOS Tahap I Dikucurkan

MANADOPOST.ID—Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap I di tahun anggaran ini, segera cair. Bila tak ada aral melintang, dua pekan depan, dana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu, sudah masuk ke rekening masing-masing sekolah penerima.

Kepala Dinas Pendidikan Minut Olfie Kalengkongan menjelaskan, ada 178 sekolah di bawah naungan Pemkab Minut yang menjadi penerima dana BOS. Terdiri dari 108 SD dan 70 SMP. “Berdasarkan informasi yang kami terima melalui grup di WhatsApp, dua pekan depan sudah cair. Tetapi pada dasarnya kami sudah mengintruksikan para kepsek agar bersiap saja,” jelasnya kemarin.

Alokasi dana BOS di setiap sekolah berbeda. Tergantung jumlah murid. Di tahun ini, pihaknya mengalokasikan dana BOS di APBD sebesar Rp21 miliar. Dibagi tiga tahapan. Tahap pertama senilai Rp7 miliar akan dikucurkan. Meskipun akan bertambah di APBD-P.

“Kami semula sudah tidak memasukkan di APBD karena dananya langsung ke sekolah tetapi atas petunjuk TAPD, kita tetap masukkan seperti tahun kemarin dulu, nanti akan disesuaikan pada APBD-P karena di tahun ini memang ada penambahan,” bebernya.

Saat ini para kepsek telah menyusun Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah (RAKS) untuk penggunaan BOS tahap I. Karena baru ada SK penetapan sekolah penerima dana BOS. Draft perencanaan mengacu pada petunjuk teknis yang dikeluarkan melalui Permendikbud 6/2021 tentang Penggunaan Dana BOS.

Diungkapkannya, seluruh sekolah penerima telah memasukkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) penggunaan dana di tahap sebelumnya tahun lalu. Sehingga telah memenuhi syarat untuk menerima dana tersebut.

Meskipun anggarannya langsung ke rekening sekolah, pihaknya tetap melakukan monitoring dan evaluasi. “Sebab itu kewenangan mandiri dari sekolah. Kami tidak intervensi. Tetapi sudah kami warning semua harus sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya. (jen)

Artikel Terbaru