26C
Manado
Senin, 19 April 2021

Ribuan THL Pemkab Minut Dirumahkan, Gaji Tiga Bulan Dirapel

MANADOPOST.ID—Ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dirumahkan, per hari ini (31/3). Hal itu dituangkan dalam Surat Edaran Bupati No.15/BMU/III/2021.

Diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pemkab Minut Marthen Sumampouw, kebijakan tersebut merupakan bagian dari refocusing anggaran Covid-19. Nantinya, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwajibkan menyusun jumlah kebutuhan penambahan staf. Untuk kemudian kembali membuka lowongan sesuai analisa beban kerja dan kemampuan keuangan dalam DPA masing-masing.

“Semua THL diberhentikan sementara atau dirumahkan. Kecuali mereka yang tenaga kesehatan, kebersihan dan pemadaman kebakaran tetap bekerja. Mempertimbangkan urgensitas pekerjaan dan karena memang kita kekurangan juga,” tuturnya.

Lanjut dia, proses penerimaan THL dilakukan dengan seleksi. Para pelamar diwajibkan membuat surat lamaran dan mengikuti sistem penerimaan mulai dari pemberkasan. “Para kepala OPD yang menyiapkan persyaratan adminitrasi seleksi. Prosesnya dilakukan bersama staf ahli dan tenaga ahli bupati. Dan dilakukan mulai 1 April, mendatang,” beber dia.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Pemkab Minut Petrus Macarau mengungkapkan, pihaknya telah meminta para kepala OPD untuk menyampaikan pengajuan gaji THL sejak Januari hingga Maret yang sebelumnya tertunda. “Sudah kita sampaikan. Pas permintaan masuk, berkasnya lengkap, kita proses pencairannya. Tinggal dari OPD masing-masing saja,” tukasnya. (jen)

Artikel Terbaru