28 C
Manado
Kamis, 26 November 2020

Minahasa Perdana Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

MANADOPOST.JAWAPOS.COM-KPU Provinsi Sulut menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, di Benteng Moraya, Senin (2/11). Simulasi digelar untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.
Disampaikan Kaban Kesbangpol Minahasa Jani Moniung, Pemkab Minahasa bersyukur pelaksanaan simulasi pemungutan dan perhitungan suara oleh KPU Provinsi Sulut digelar di Minahasa. “Ini juga digelar secara live streaming dan disiarkan di seluruh Indonesia. Ini suatu kebanggaan pemkab Minahasa karena ini juga menjadi Role Model untuk pemilihan kepala daerah 9 Desember mendatang,” tukasnya.
Terpantau, alur simulasi pemungutan suara dilakukan seperti pada umumnya, hanya saja masyarakat peserta harus berantri satu persatu untuk mengambil surat suara ketika namanya dipanggil. Sebelum masuk, peserta diarahkan untuk mencuci tangan kemudian dites suhu tubuh menggunakan Thermogun.
Ketika ada peserta yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat, petugas TPS yang menggunakan APD lengkap langsung mengarahkan menuju ke Bilik Khusus yang tertutup. Selesai mencoblos, bilik khusus langsung disemprot disifektan oleh petugas.
Begitu juga untuk peserta penyandang disabilitas, petugas khusus akan mengarahkan dan memandu ke bilik suara. Sampai selesai, simulasi berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan yang diterapkan.
Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Provinsi Sulut Ardiles Mewo mengungkapkan, pelaksanaan simulasi di Minahasa merupakan yang pertama digelar di Sulut. “Kami juga berbangga bisa dihadiri oleh Komisioner KPU RI, pak Ilham Saputra, juga pak Kapolda dan Pjs Gubernur Sulut. Ini berarti dukungan dari segala pihak untuk menyukseskan Pilkada nanti sangat besar. Apalagi pemilhan kali ini digelar di masa pandemi, untuk itu kita harus lakukan berulang-ulang supaya bisa diketahui masyarakat luas. Supaya masyarakat jangan takut ke TPS karena kita menggunakan alat prokes sesuai standart,” pungkasnya.
Komisioner KPU RI Ilham Saputra juga turut mengapresiasi pelaksanaan simulasi ini. “Karena Pilkada kali ini di tengah pandemi, sehingga perlu diadakan simulasi ini supaya masyarakat merasa aman datang ke TPS. Meski memang ada catatan-catatan kecil karena memang ini simulasi, namun itu bisa menjadi masukan bagi kami untuk membuat peraturan pada pelaksanaannya nanti,” tukasnya.
Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni juga turut mengapresiasi pelaksanaan simulasi tersebut. Menurutnya, pelaksanaan simulasi ini penting dan strategis untuk menjawab tantangan Pilkada di masa Pandemi Covid-19. “Diharapkan dengan simulasi ini, bisa ditemukan kekurangan atau kendala yang bisa segera dicarikan diperbaiki sebelum tanggal 9 Desember. Begitu juga saya mengharapkan kepada KPU untuk mengatensi benar-benar perihal distribusi logistik supaya masuk ke lokasi tepat waktu. Kami akan terus berkoordinasi dan pemerintah provinsi pastinya siap untuk mensukseskan ini,” tegasnya.
Dalam kesempatan itu juga, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengharapkan semua masyarakat Minahasa untuk menggunakan hak pilih dengan sebaik baiknya. “Karena pada tanggal 9 Desember nanti, pelaksanaan pemungutan suara di TPS akan menggunakan protokol kesehatan yang sesuai standart. Semoga Pilkada di 686 TPS yang ada di Kabupaten Minahasa menjadi pilkada yang berkualitas yang berlangsung dengan aman damai dan sehat.
Diketahui, pelaksanaan simulasi melibatkan sebanyak 200 peserta. Seluruhnya merupakan masyarakat yag tercatat dalam DPT dari Kelurahan Roong, Kecamatan Tondano Barat. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra, Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey dan Sekkab Minahasa Frits Muntu.(cw-01/rgm)

-

Artikel Terbaru

Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Internet Desa Lambat

MANADOPOST.ID—Penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan internet desa di 101 kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe lambat. Diketahui, anggaran pengadaan internet desa sebesar Rp 6,06 miliar.

AHY Datang, Makassar Membiru

MAKASSAR—Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melanjutkan Gerilya Nusantaranya. Kali ini Ketum AHY turun langsung ke Makassar untuk meyakinkan partainya kompak dan solid memenangkan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman).  

CPNS 2019 Jalani Magang

MANADOPOST.ID--Mulai awal Desember 2020, 232 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kotamobagu formasi tahun 2019 akan dikumpul Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu.

Mimpi Menjadi Nyata Bersama JKN-KIS

MANADOPOST.ID—Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) dirasakan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Bea Cukai Musnakan Rokok dan MMEA Ilegal, Nilainya Capai Rp1,1 Miliar

MANADOPOST.ID— Rabu (25/11) kemarin, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Wilayah Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Manado dan Bitung di Kantor KPPBC Manado