28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Dana Desa Macet di Minahasa, Ini Penyebabnya

MANADOPOST.ID — Hingga masuk bulan kelima tahun 2021, masih ada ratusan desa yang belum dicairkan Dana Desa (DD). Para Hukum Tua (Kepala Desa) di Minahasa pun diminta agar secepatnya menyelesaikan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) dan juga Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) serta evaluasi Dana Desa (DD) tahun 2020. Ini guna mempercepat pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari DD.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Jeffry Tangkulung mengatakan, dari 227 desa yang ada, baru sekitar 100 lebih desa yang sudah mencairkan DD.

 

“Baru sekitar 55 persen yang melakukan pencairan. Artinya masih banyak desa yang belum menyelesaikan berkasnya,” kata Tangkulung, Selasa (04/05/2021).

 

Diakuinya, memang sejumlah desa sudah melakukan proses postingan dan tinggal menunggu pencairan, hanya saja masih ada desa yang belum sama sekali menyelesaikan berkas administrasinya.

“Yang pasti diharapkan berkas semua desa boleh secepatnya dimasukan, agar penyaluran BLT tidak terlalu lama,” tukasnya.

Terkait kepengurusan administrasi, dia menegaskan agar jangan ada oknum-oknum yang memanfaatkan kepengurusan LPJ atau RAPBDes, atau menghambat percepatan pencairan DD. “Saya tegaskan agar jangan ada oknum-oknum yang memanfaatkan kepengurusan administrasi proses pencairan DD. Karena ini demi masyarakat,” kuncinya. (lerby)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru