26 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Waspada Bencana Alam dan DBD

MANADOPOST.ID–Cuaca ekstrim yang terjadi di hampir seluruh wilayah Sulut, termasuk Kabupaten Minahasa belakangan ini, membuat warga harus berhati-hati. Apalagi ketika hujan deras melanda, wilayah yang rawan bencana harus ekstra waspada.

Meski begitu, Pemerintah Kabupaten juga telah merencanakan upaya antisipasi di tengah cuaca ekstrim. Hal itu bahkan telah dirapatkan bersama Forkopimda Minahasa pekan lalu.

“Salah satu yang kita rapatkan bersama forkopimda adalah membahas mengenai masalah cuaca ekstrim. Khususnya hujan deras di sertai angin kencang. Tentunya forkopimda akan bersinergi bersama untuk mengantisipasi ancaman bencana,” kata Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) jumat pekan lalu.

Tidak hanya ancaman bencana, ROR juga menambahkan, curah hujan yang tinggi mengakibatkan warga mengidap sejumlah penyakit. Salah satunya Demam Berdarah.

“Juga saat cuaca ekstrim yang sering hujan ini membuat banyak penyakit khususnya demam berdarah yang saat ini sudah banyak menjangkit anak-anak kita di wilayah Tondano. Dinas terkait juga sudah kami perintahkan untuk lakukan penyemprotan dan diharapkan bisa segera teratasi,” tukasnya.

Terpisah, terkait ancaman bencana di tengah cuaca ekstrim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Diharapkan warga yang mengetahui kalau mereka berada di daerah rawan dan berpotensi bencana segera tingkatkan kewaspadaan. Lebih baik kalau segera melakukan evakuasi sebelum terjadi yang tidak diinginkan,” imbau Kepala BPBD Minahasa Nofry Lontaan saat ditemui belum lama ini.

Para pengendara juga diimbau untuk berhati-hati melintasi kawasan pepohonan, bertebing dan curam saat sedang cuaca buruk. Lontaan mengimbau agar lebih berhati–hati juga saat melewati kawasan pegunungan.

Dia menambahkan, ada beberapa wilayah rawan bencana alam di Minahasa yang mengharuskan warga di sekitar harus waspada.

“Untuk wilayah rawan longsor seperti di sekitar Jalur Mandolang dan Tombariri, jalur Manado ke Tomohon, jalur Noongan ke Ratahan, Tondano ke Kembes hingga ke Manado, Kawasan Tandengan ke Maumbi sampai Seretan dan Kawasan Tombulu. Sementara rawan gelombang pasang untuk daerah pantai timur dan wilayah Tombariri. Untuk rawan banjir ada di wilayah Danau Tondano dan Bantaran Sungai Ranowangko Tombariri,” bebernya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Minahasa Maya Rambitan sebelumnya mengatakan, data per-Agustus ada 140 kasus DBD terjadi di Minahasa. Dia mengatakan, sejumlah wilayah di Minahasa rentan dengan DBD.

“Yang cukup rentan di Kecamatan Tondano, Tombariri dan Kombi. Tiga warga juga berdasarkan data telah meninggal akibat DBD dari desa Tulap, Roong dan Mokupa,” tambahnya.

Untuk itu Rambitan mengatakan, pihaknya terus gencar melakukan upaya pencegahan. “Di wilayah rentan itu sudah kita lakukan fogging massal. Tapi tetap kita juga akan lakukan di wilayah lain sebagai upaya pencegahan. Sambil juga kita imbau terus masyarakat, khususnya di daerah rentan supaya bisa rutin menerapkan 3M plus. Itu menjadi salah satu cara membasmi keberadaan nyamuk dan sarangnya,” pungkas Rambitan.(cw-01/rgm)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.