26 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Cerita Buku: Penguasa Dinasti Han, Leluhur Minahasa

MANADOPOST.ID–Kabupaten Minahasa hari ini membilang usia ke-592 tahun. Berbicara soal Minahasa, masih cukup hangat diingatan dengan perilisan sebuah buku berjudul ‘Penguasa Dinasti Han, Leluhur Minahasa’. Buku karya Weliam Boseke yang diterbitkan 2018 lalu.

Buku tersebut cukup kontroversi. Karena menceritakan bahwa leluhur Minahasa berasal dari Dinasti Han, Tiongkok. Meski bisa dikatakan kontroversi, menurut penulis Weliam Boseke, buku tersebut merupakan hasil penelitiannya berdasarkan fakta-fakta yang ada.

“Buku ini, adalah temuan fakta-fakta yang jelas memfalsifikasi semua teori rai-rai, mitos-mitos bahkan dongeng tentang Minahasa, yang sudah terlanjur dipercaya sebagai kebenaran. Bahkan oleh beberapa orang, telah disakralkan dan pantang difalsifikasi,” cerita Boseke kepada Manado Post, Rabu (4/11).

“Seni budaya dan manusia Minahasa, sejauh ini dibangun di atas alas pasir, karena sejarah dan identitas Manusia Minahasa yang memang sudah lama gelap atau Rimingbengbeng,” sambungnya.

Sampai saat ini pun, masih banyak kalangan yang antara percaya dan tidak percaya dengan Buku ‘Penguasa Dinasti Han, Leluhur Minahasa’ tersebut. Namun menurut Boseke, telah banyak tokoh Minahasa mengakui temuannya tersebut.

“Banyak tokoh-tokoh Minahasa dan kalangan intelektual/akademisi yang jujur yang mengakui temuan saya sebagai fakta-fakta yang sulit dibantah. Walaupun ada segelintir orang yang dengan alasannya masing-masing, justru menolak dan menimbulkan kebingungan bagi mereka yang belum sempat membaca atau belum menerima penjelasan,” tambahnya.

Di momen HUT Minahasa ke-592 ini pun, Boseke mengungkapkan, dirinya belum menemukan dasar kuat penentuan usia dan HUT Minahasa. Meski begitu, dirinya tetap dengan tulus mengucapkan selamat kepada Kabupaten Minahasa yang hari ini berhari jadi.

“Saya sendiri belum melihat dasar yang cukup kuat bagaimana HUT Minahasa ditentukan, kecuali dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan temuan-temuan fakta baru  tentang kehadiran orang Minahasa secara historis. Namun demikian tetaplah saya mengucapkan Selamat HUT untuk Minahasa,” pungkasnya.(rgm)

-

Artikel Terbaru

Jasa Raharja Salur 35,1 Miliar Santunan Lakalantas

Hingga November PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara telah menyerahkan santunan kecelakaan lalu lintas sebesar Rp 35,1 miliar.

Tidak Perlu Percaya Hoax, PAHAM Masih Teratas

Pendukung fanatik dan militan paslon wali kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) dan wakil wali kota Harley Mangindaan (AiM) tidak perlu merasa terganggu dengan upaya pembentukan opini miring yang disampaikan oleh lawan-lawan politik PAHAM terkait dengan hasil riset yang dilakukan lembaga survei Indobarometer yang menempatkan elektabilitas paslon PAHAM sudah mencapai 39,5 persen atau selisih 12,2 persen dengan paslon berikutnya.

Diutus Khusus, Pdt Arina dan Pelsus GMIM Doakan PAHAM

Masuknya nama Wakil Ketua Komisi W/KI Sinode GMIM Penatua Prof DAr Julyeta Amelia Paulina Runtuwene MS (JPAR) dan Ketua Komisi P/KB Wilayah Manado Timur IV Penatua Dr Harley Mangindaan, dalam daftar calon wali kota dan wakil wali kota Manado yang akan bertarung dalam pilkada 9 Desember mendatang, rupanya menjadi perhatian khusus BPMS GMIM.

Taman Baca Beroperasi 2021

Semakin berkembangnya zaman, namun disayangkan minat baca masyarakat semakin minim.

Bagi-Bagi Masker Gratis Cegah Covid-19

UPTD Puskesmas Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) turut serta mengampanyekan Gerakan Bersama (Gema) 3M Lawan Covid-19.