29C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

2021, Seluruh Minahasa Terapkan STBM

MANADOPOST.ID–Penerapan lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) mulai digalakan pemkab Minahasa. Diawali dengan deklarasi di Kecamatan Kawangkoan Utara yang diharapkan dapat memotivasi kecamatan lainnya untuk menerapkan STBM.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Maya Rambitan, ditargetkan semua kecamatan, desa dan kelurahan di Minahasa segera menerapkan lima pilar STBM.

“Kita harapkan juga targetkan semua kecamatan, desa/kelurahan di Minahasa segera mendeklarasikan STBM. Karena itu merupakan salah satu kriteria penilaian untuk kabupaten sehat. Untuk itu tahun 2021 kita mau 100 persen kecamatan harus sudah mendeklarasikan STBM,” ungkapnya saat diwawancarai, Jumat (4/12).

Dijelaskan Rambitan, STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

STBM menekankan kepada lima pilar perubahan perilaku higienis yaitu, stop buang air besar sembarangan (Stop BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum di Rumah Tangga (PAM RT), Pengelolaan Sampah RumahTangga dan

Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga. “Untuk mencapai target deklarasi STBM ini, saya mengharapkan dukungan dari semua pihak, baik pemerintah tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga masyarakat setempat,” pungkasnya.(cw-01/rgm)

Artikel Terbaru