25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

ROR-RD Apresiasi KPPN, Percepat Dandes di Minahasa

MANADOPOST.ID–Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam hal ini Bupati Royke O Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (ROR-RD) mengapresiasi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado yang proaktif membantu dalam percepatan pencairan dana desa (DD) di 227 Desa se Kabupaten Minahasa.

Hal Tersebut dikatakan Bupati ROR saat launcing Penyaluran Dana Desa tahun anggaran 2021 di Tambala Hill Kecamatan Tombariri Rabu (5/3) lalu. “Pemerintah Kabupaten Mengapresiasi bantuan dari KPPN Manado yang sudah sangat membatu kita khusunya mempercepat akan pencairan Dana Desa apalagi pak Wayan sudah mengatakan bahwa pihaknya akan langsung memproses pencairan DD itu asalkan setiap Desa sudah menyelesaikan Administrasinya,” kata dia yang kala itu didampingi Wakil Bupati RD.

Sementara Ketua KPPN Manado Wayan Juwena SE MM mengatakan penyaluran DD tersebut setelah melalui verifikasi langsung ke rekening desa. “Sesuai dengan amanat Perda No 25, bahwa penyaluran Dandes dilakukan oleh KPPN masing-masing Daerah, melalui RKUD langsung ke Dandes yang disalurkan pada saat itu juga,” jelasnya

Wayan pun meminta pihak Bank Sulutgo dapat membantu dalam hal pencairan dandes tersebut. “Harapan kami juga dari Bank Sulutgo tidak ada kendala. Sesuai hal yang sudah saya janjikan, bagi siapa yang sudah lebih dahulu menyelesaikan persyaratannya, saya berjanji untuk menyalurkan saat itu juga,” terangnya.

Peran KPPN ini diketahui menjadi penentu setiap pencairan dandes di 227 titik. “Pemasukan berkas secara teknis dari Dinas PMD, dan diajukan ke badan Pengelola Keuangan Daerah,dan menyampaikan kepada KPPN untuk Pencairan mereka akan memverifikasi setelah berkas memenuhi syarat maka di proses untuk SP2D,” tambah Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa Jeffry Tangkulung.

Dari data, yang berhasil menyelesaikan administrasi di awal tahun 2021 ini dan mendapat persetujuan pencairan berdasarkan verifikasi KPPN Manado sebanyak 15 Desa.

Penyaluran reguler meliputi Desa Tumpengan Kecamatan Pineleng, Desa Kaweng Kecamatan Kakas, Desa Temboan Kecamatan Langowan Selatan, Desa Palamba Kecamatan Langowan Selatan, Desa Walantakan Kecamatan Langowan Utara, Desa Karumenga Kecamatan Langowan Utara, Desa Taraitak Kecamatan Langowan Utara, Desa Toliang Oki Kecamatan Eris, Desa Leilem Dua Kecamatan Sonder, Desa Mokupa Kecamatan Tombariri, Desa Borgo Kecamatan Tomabariri, Desa Poopo Kecamatan Tombariri, dan Desa Koha Kecamatan Mandolang. Kemudian untuk penyaluran mandiri di Desa Leilem Kecamatan Sonder dan Desa Tounelet Kecamatan Kakas.(cw-02/gnr)

Artikel Terbaru