alexametrics
25.4 C
Manado
Jumat, 22 Oktober 2021
spot_img

Penerima Bansos Capai Separuh Keluarga di Minahasa

MANADOPOST.ID–Jumlah penerima bantuan sosial (bansos) di masa pandemi Covid-19 untuk Kabupaten Minahasa dipastikan bertambah mencapai hampir separuh jumlah keluarga yang ada. Demikian dikatakan Bupati Dr Ir Royke Octavian Roring M.Si, Selasa (30/6) kemarin.

”Khusus bantuan sosial, kita awalnya 17 ribu lebih penerima. Kita mengusulkan kepada Kementerian Sosial dan ternyata disetujui penambahan menjadi 21.500 KK. Jadi total bantuan kemensos mencapai sekitar 39.500 KK. Nah kalau ditambah dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa semua hampir mencapai 60 ribu KK. Itu artinya hampir setengah dari jumlah keluarga Minahasa akan mendapat tercover bansos,” kata Bupati.

Dengan adanya bantuan tersebut, Bupati mengucapkan terimakasih atas kepedulian pemerintah pusat. ”Kita patut bersyukur serta berterimakasih kepada Presiden dan Wakil Presiden, juga Kementerian Sosial, bahkan sampai pada tingkatan daerah yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang sudah mengalokasikan bantuan sosial ini,” ungkapnya.

Sementara terkait penyaluran bantuan kedepan, Bupati terus menghimbau instansi terkait sampai pemerintah desa dan kelurahan agar terus berpatokan pada penyaluran Bansos sebelumnya. ”Dalam penyaluran bantuan ke depan kiranya hal yang sama diterapkan baik protokol kesehatan serta penyalurannya secara non tunai dengan menggandeng pihak Bank yang ditunjuk,” cetusnya.

Terpisah, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Minahasa Drs Donald Wagey memastikan pengelolaan keuangan daerah dalam penanggulangan Covid-19 dipergunakan sebaik-baiknya dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami tetap melakukan terbaik untuk mengelola keuangan Minahasa. Yang pasti demi kesehjateraan masyarakat. Pertanggung jawaban pun terus kami buat dengan baik sembari berkoordinasi dengan pak Bupati dan Wakil Bupati serta pak Sekda,” pungkas Wagey.(mega)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru