25.9 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

`Surga` Tersembunyi dari Wilayah Timur Minahasa

Era New Normal membuat para penikmat suasana pantai bernafas legah. Mereka akhirnya dapat berburu deburan ombak dan pasir putih lagi setelah Covid-19 ‘membekukan’ kaki para pelancong beberapa bulan terakhir.

Laporan: Rangga Mangowal, Minahasa

BELAKANGAN ini, wisata pantai di wilayah Timur Minahasa jadi primadona. Bahkan jadi Pantai Surga yang tersembunyi. Bahkan sejumlah lokasi sempat viral di media sosial (medsos).

Seperti di Pantai Desa Parentek, Kecamatan Lembean Timur. Setiap hari ramai dikunjungi. Puluhan kendaraan roda empat, ratusan roda dua setiap hari sandar di pantai ini. “Tujuan mereka yaitu mandi atau sekadar berfoto ria. Ada juga yang piknik dengan keluarga. Atau wisata ibadah dan reat-reat,” kata Mieke Tumurang pengelola Pantai Parentek saat diwawancarai.

Tumurang juga berharap, pemerintah terus melakukan pengembangan wisata Pantai Timur, termasuk di Pantai Parentek. Sebab, masih sangat kurang untuk fasilitas penunjang. “Diharapkan pemerintah lakukan pengembangan. Supaya pengunjung tidak hanya wisatawan lokal saja, tapi dari luar negeri juga bisa datang,” harapnya.

Riani Karamoy, salah satu pengunjung pantai Parentek mengaku terkesan. Keindahan pantai pasir putih dan pemandangannya membuat hati merasa damai. “Pokoknya, kalau stres di kota, saya datang ke pantai ini. Damai sekali di sini. Saya bahkan sebulan dua kali ke sini sejak sudah new normal. Tidak bosan-bosan saya,” katanya saat ditemui sedang bermain di pinggir pantai.

Tidak hanya di Parentek, terpantau sejumlah lokasi wisata juga mulai dikembangkan. Baik oleh pemerintah maupun pihak pengembang lainnya. Seperti di Pantai Ranowangko (Pantera) Tongkaina di Kecamatan Kombi. Terpantau investor lokal mulai lakukan pembangunan. Di sana sudah terbangun sejumlah cottage lengkap bersama kolam renangnya. “Entah kapan itu dibuka untuk umum. Saya sudah tidak sabar ke sana,” kata Angel Kaawoan salah satu wisatawan yang ditemui di pantai Pantera.

Lokasi pantai primadona lain ada di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Kakas Barat. Kali ini, pengelolaan kawasan wisata pantai pasir putih itu dikelola pemerintah desa. Pantai Bukit Tinggi ini memang belum cukup dikenal. Namun wisatawan tidak henti mengunjunginya. Ada sekira 4000 meter panjangnya pasir putih di Bukit Tinggi. Menjadikannya daya tarik tersendiri dari lokasi wisata ini.

Meski begitu, diakui pemerintah desa masih perlu ada pembenahan fasilitas. “Namun seperti yang terlihat, masih perlu banyak pembenahan. Terutama pada sejumlah fasilitas seperti akses jalan masuk dan beberapa sarana penunjang lainnya untuk kebutuhan mandi di pantai contohnya gasebo dan MCK,” kata Hukum Tua Desa Bukit Tinggi Jerry Kawung saat ditemui.

Namun menurut Kawung, sudah ada titik terang. Pemerintah Kabupaten Minahasa sudah mengambil langkah untuk pembangunan dan pengembangan di desanya. “Bupati Royke Roring didampingi sejumlah kepala dinas sudah menjanjikan bantuan pembenahan sarana prasarana wisata di sini. Kementerian Pariwisata juga sudah datang mensurvei. Tahun depan bahkan bulan depan sudah akan ada pembangunan. Dimulai dari akses jalan dilanjutkan ke fasilitas penunjang,” bebernya.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Minahasa berharap, setelah Covid-19 ini berlalu, sektor pariwisata menjadi jantung pemompa perekonomian. Khususnya di wisata kawasan Pantai Timur.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Minahasa Teddy Sumual, kawasan Pantai Timur Minahasa memiliki potensi wisata yang besar. Untuk itu, dia sebagai perpanjangan tangan Bupati Minahasa Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey berusaha keras dalam pengembangan wisata Pantai Timur. “Kawasan pantai timur terdiri dari 20 titik lokasi wisata. Dari Makalisung sampai Rumbia. Yang semuanya memiliki daya tarik tersendiri. Disamping keindahan pantai pasir putih,” katanya.

Dia juga membeberkan, pihaknya juga sementara mempersiapkan suatu grand desain. Khusus untuk kawasan pariwisata Pantai Timur. “Kita berupaya melihat priotitas, tapi pengembangan secara keseluruhan akan dilakukan sesuai program bupati dan wakil bupati. Kita berharap dengan begitu kunjungan wisatawan baik lokal dan domestik makin bertambah. Apalagi setelah Covid-19 ini, diharapkan Kawasan Pantai Timur bisa menopang peningkatan perekonomian daerah,” pungkasnya.(rgm)

-

Artikel Terbaru

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.

80-an Pasangan Bulutangkis Ramaikan GOR Betania Teling

Pecinta bulutangkis Sulawesi Utara memang dahaga. Terbukti, 80-an pasangan ikut serta dalam iven bertitel Manado Post Open 2020.

Belum 17 Tahun Bisa Memilih, Begini Penjelasan KPU

MANADOPOST.ID--Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020, saat ini tengah memasuki pelaksanaan tahapan kampanye. Meski begitu, literasi dan edukasi, tentang data pemilih terus menjadi concern KPU Kota Tomohon.