30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Sukseskan Pilkada, Disdukcapil Jemput Bola Lakukan Perekaman

MANADOPOST.ID–Guna memantapkan persiapan pelaksanaan Pilkada 9 Desember, semua unsur terus berperan aktif. Salah satunya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa.

Kewenangan Disdukcapil dalam administrasi kependudukan sangat strategis. Pasalnya, administrasi kependudukan seperti KTP dan KK menjadi syarat bagi masyarakat tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Saat dihubungi, Kadis Dukcapil Minahasa Melky Rumate menjelaskan pihaknya tetap berperan aktif memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat. Tujuannya agar mereka yang belum memiliki KTP-el untuk melakukan perekaman.

“Setiap hari kita layani masyarakat untuk lakukan perekaman. Apalagi ini sangat dibutuhkan untuk mereka menyalurkan hak pilih mereka,” ungkapnya, Selasa (10/11).
Setiap hari, tambah Rumate, pihaknya melayani kuranh lebih 50 orang masyarakat.

“Tiap hari 50 orang lebih yang rekaman KTP-el. Kemudian 100an orang yang rubah status, hilang atau rusak kita layani. Jadi setiap hari ada 150 lebih yang kita layani,” tambahnya.
Dia juga mengatakan, saat ini pihaknya tidak menyediakan lagi Surat Keterangan (Suket).

“Suket sudah tidak ada. Untuk itu, kami sudah menjadwalkan untuk pihaknya membentuk tim yang akan jemput bola dengan turun ke desa-desa untuk lakukan perekaman KTP-el. Kami yakin sampai pada Hari H Pilkada 9 Desember nanti, semua masyarakat Minahasa yang wajib pilih sudah memiliki KTP-el dan bisa menyalurkan hak pilihnya,” pungkas Rumate.(rgm)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Perhatian-perhatian! Pintu Teater Dibuka 5 Desember

"Perhatian-perhatian. Pintu teater telah dibuka. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater…” Rindu dengar kalimat tersebut? Sebentar lagi rindu anda terobati.