31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Pemberhentian Perangkat Desa Jangan Asal-Asalan

MANADOPOST.ID–Hampir di seluruh wilayah di Sulut sering terjadi polemik perihal pemberhentian perangkat desa. Seperti di Kabupaten Minahasa, keputusan yang diambil pemerintah desa sering kali membawa polemik di desa perihal pemberhentian perangkat.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Minahasa mengharapkan pemerintah desa melakukan koordinasi dalam pemberhentian perangkat.

“Karena ditakutkan jangan sampai pada waktu pemberhentian perangkat desa, ada polemik. Contohnya pemberhentian sepihak, karena masalah pribadi lalu diberhentikan. Untuk itu harus ada koordinasi dan rekomendasi oleh pemerintah kecamatan,” kata Kadis PMD Jeffry Tangkulung pekan lalu.

Namun menurutnya, pemberhentian atau penggantian perangkat desa menjadi yang baik dilakukan untuk upaya evaluasi.

“Jadi jika di desa ada perangkat yang tidak bisa menjalankan tugas kerja dengan benar, maka pemerintah desa dalam hal ini Hukum Tua (Kumtua) mempunyai kewenangan untuk evaluasi. Langkahnya dengan memanggil yang bersangkutan untuk melakukan pembinaan terlebih dahulu,” tambahnya.

Tangkulung juga mengatakan, hukum tua jangan langsung memberikan punishmen pada perangkat desa. “Dievaluasi kerjanya dalam tugas pemerintahan di desa. Kalau dipanggil rapat tidak hadir, dipanggil kerja tidak ada maka harus ada evaluasi. Sebab jika evaluasi ini tidak dilaksanakan, maka akan terjadi kecemburuan bagi perangkat desa yang lain. Dan akan berdampak pada kinerja perangkat desa lainnya,” jelas Tangkulung.

Namun untuk pemberhentian perangkat desa ini, hukum tua harus ada koordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan.

“Rekomendasi dari pemerintah kecamatan wajib untuk pemberhentian perangkat desa. Dalam artian evaluasi kinerja perangkat desa itu, hukum tua harus berkoordinasi dengan kecamatan,” tukasnya.(cw-01/rgm)

-

Artikel Terbaru

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.