26C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

Kadis: Tunda Dulu ke Disdukcapil

MANADOPOST.ID–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa kembali menerapkan layanan administrasi kependudukan secara online atau dalam jaringan (daring) untuk memudahkan masyarakat sekaligus mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kepala Disdukcapil Minahasa Melky Rumate mengatakan, kemudahan pelayanan tersebut dapat dilakukan warga yang hendak mengurus dokumen administrasi kependudukan dengan menghubungi nomor whatssap yang dapat dilihat dihalaman fb disdukcapil yang telah disediakan.

“Kebijakan kembali diberlakukan secara mulai awal tahun inj dan seterusnya. Melalui pelayanan daring dokumen administrasi kependudukan, masyarakat bisa mengurus sendiri dokumen yang dibutuhkan sehingga akan mempermudah pelayanan. Jika tidak mendesak kiranya tunda dulu ke Disdukcapil,” ungkap dia kepada Manado Post, Selasa (12/1) kemarin.

Kebijakan ini kata dia dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan dokumen tanpa perlu bertatap muka secara langsung.

Pihaknya kini telah menutup seluruh loket pendaftaran untuk mencegah kerumunan massa yang hendak mengurus dokumen kependudukan walaupun sebelumnya juga telah menerapkan kebijakan pembatasan layanan.

“Kami menerapkan pola pelayanan terbatas. Pelayanan tatap muka atau secara langsung dikurangi. Tapi ini bukan berarti Disdukcapil tidak memberikan pelayanan. Bagi masyarakat yang belum pernah merekam e ktp, kami tetap buka pelayanan,” tandas Rumate.(cw-01)

Artikel Terbaru