25 C
Manado
Sabtu, 15 Mei 2021
spot_img

Lakalantas Masih Didominasi Pengendara di Bawah Umur

MANADOPOST.ID–Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Minahasa berharap angka kecelakaan Tahun 2021 mengalami tren penurunan. Monitoring pun terus dilakukan. Hal itu dikatakan Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Minahasa AKP Yulfa Irawati kepada Manado Post, Selasa (16/3) kemarin.

Dari data yang ada kasus lakalantas memang mengalami penurunan dari 2019 ke 2020. Tercatat ada 129 kasus laka lantas di tahun 2019 dan 113 kasus laka lantas di tahun 2020. “Bila dikalkulasikan terjadi penurunan sebesar 10% kasus lakalantas, di 2020, semoga di 2021 juga menurun” bebernya.

Lanjut dia, data laka lantas di Polres Minahasa tahun 2020 didominasi usia 13-20 tahun. “Semua orang tidak ingin celaka dalam perjalanan, maka dari itu selalu utamakan keselamatan dalam berkendara, ingat orang tua dan ingat keluarga,” ucap AKP Yulfa.

Dengan banyaknya pengendara dibawah umur, maka Satlantas Polres Minahasa setiap harinya terus memburu pelanggaran lalu lintas terlebih yang melibatkan anak dibawah umur.

Seperti terpantau Manado Post kemarin, petugas berhasil mengamankan sejumlah anak muda yang membawa kendaraan tanpa perlengkapan berkendara.

“Kami menahan kendaraan mereka. Dan memanggil orang tuanya kemudian meminta membuat pernyataan. Selanjutnya akan diminta juga disekolah para anak-anak tersebut belajar. Ini sebagai tindakan efek jerah,” jelasnya sembari mengungkapkan wilayah yang paling sering terjadi lakalantas diungkapkan masih di area Tondano.(cw-01/gnr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru