25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

NIP 191 CPNS Masih Berproses

MANADOPOST.ID–Nasib 191 pelamar yang lulus dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 lalu masih bergantung di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Manado. Pasalnya, hingga kini mereka masih menunggu penetepan Nomor Induk Pegawai (NIP) yang sedang diverifikasi dan validasi BKN berdasarkan usulan Pemkab Minahasa.

“Masih sementara diverifikasi oleh BKN untuk dikeluarkan NIP,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Minahasa Moudy Pangerapan ketika dimintai keterangannya, pekan kemarin.

Menurut dia, berkas pengajuan sudah dikirim BKPSDM Minahasa sejak November lalu secara lengkap. Karena sebelum diajukan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas. “Belum tahu kapan akan ada hasil dari BKN karena itu sudah bukan ranah kami lagi,” tambahnya.

Lanjut Pangerapan, jika sudah ada NIP yang dikeluarkan oleh BKN. Maka pihaknya akan langsung melaporkan kepada Bupati untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan. Karena SK tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi mereka dalam menjalankan tugas sebagai CPNS.

“Kalau sudah tuntas akan kami panggil mereka untuk menjalankan tugas. Jika sekarang belum bisa karna tak ada dasar untuk mendapatkan gaji. Kita berharap prosesnya berjalan lancar dan 191 CPNS itu akan segera bertugas di instansi masing-masing,” tambah Pangerapan.

Setelah menerima NIP, selanjutnya para calon ASN itu akan mendapatkan gaji sebesar 80 persen dari gaji pokok.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, besaran gaji pokok PNS berjenjang sesuai golongan dan lama masa kerja yang dikenal dengan masa kerja golongan (MKG).

Berikut gaji PNS untuk golongan I hingga IV. Hitungan gaji dari yang paling terendah hingga tertinggi disesuaikan berdasarkan masa kerja atau MKG mulai dari kurang dari 1 tahun hingga 27 tahun.(Lihat grafis).(cw-01/gnr)

Artikel Terbaru