25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

2021, Transaksi Dandes Diberlakukan Non Tunai

MANADOPOST.ID–Penyelewengan Dana Desa (Dandes) berpotensi mengintai para hukum tua selaku penguasa anggaran.

Untuk itu, penyaluran Dandes menggunkan sistem online atau non tunai sementara disosialisasikan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Minahasa.

“Jadi kita sudah mulai sosialisasikan ke 227 desa di Minahasa bagaimana implementasi transaksi non tunai dana desa. Jadi setiap pelaksanaan kegiatan dana desa, semua administrasi dan pembayaran menggunakan sistem online. Untuk itu baik hukum tua maupun bendara desa nantinya akan diajarkan bagaimana penggunaan sistem onlinenya. Saat ini baru sosialisasinya dan untuk penerapannya akan dimulai tahun 2021 mendatang,” kata Kepala BPKAD Minahasa Donald Wagey saat diwawancarai di Hotel Mercure, Selasa (17/11).

Terpisah, Kadis PMD Minahasa Jefry Tangkulung menjelaskan, dengan transaksi non tunai ini akan memberi rasa aman kepada pemerintah desa untuk pelaksanaan administrasi.

“Jadi mau pembayaran pekerjaan dana desa langsung ke rekening toko dan sebagainya. Jadi hukum tua sudah tidak akan pegang uang secara tunai,” katanya.

Dengan begitu, sistem non tunai dapat menghindari para hukum tua pegang uang tunai sehingga tidak ada upaya penyelewengan dana desa.

“Nantinya ini akan efektif di tahun 2021 untuk 227 desa di Minahasa menggunakan transaksi non tunai,” pungkasnya.(cw-01/rgm)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).