29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Takut Rapid Test, Ratusan Pedagang ‘Kabur’

MANADOPOST.ID—Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Minahasa, melalui Dinas Kesehatan kembali melakukan pemeriksaan Rapid Test kepada pedagang yang ada di Pasar Langowan, Rabu (18/6) pagi.

Dari 439 jumlah pedagang di Pasar Langowan, hanya 50 yang melakukan Rapid Test. Lainnya ‘kabur’ dengan alasan takut. “Kita sudah berikan edukasi kepada para pedagang, agar mereka melakukan rapid test. Tapi ada yang beralasan karena takut,” kata Kepala Pasar (Kapas) Langowan Yani Tulangow.

Meski begitu, Tulangow menegaskan kepada semua pedagang di Pasar Langowan wajib melakukan Rapid Test. “Jika ada yang tidak melakukan rapid test, tidak diperbolehkan berjualan atau lapaknya belum bisa dibuka,” tegas Tulangow.

Ia melanjutkan, tujuan Rapid Test ini untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Ini juga demi kita semua, khususnya para pedagang dan pengunjung yang ada di Pasar Langowan,” sebut Tulangow.

Tim Analis Puskesmas Kakas Christian Naftali, yang bertugas melakukan pemeriksaan di Pasar Langowan, mengatakan, dari 439 pedagang hanya sebagain melakukan test. “Dari sebagian yang di rapid test, ada dua orang hasilnya reaktif,” ungkap Naftali.

Untuk pemeriksaan Rapid Test di Pasar Langowan akan dilanjutkan Sabtu pekan ini. “Dimulai pukul 10.00 sampai 15.00 Wita,” tuturnya.

Terpisah, Camat Langowan Timur Jeffry Masiow mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi jauh hari sebelumnya agar ikut Rapid Test. “Sudah disosialisasikan jauh hari kepada pedagang, jadi tidak ada alasan untuk tidak rapid test. Karena kalau tidak di rapid test, mereka tidak bisa berjualan di Pasar Langowan,” tutupnya.(cw-01/gnr)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.