28 C
Manado
Sabtu, 5 Desember 2020

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID–Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat curah hujan meningkat hingga 40 persen dan bisa memicu bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung, badai, dan sejenisnya atau sering disebut bencana hidrometeorologi.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Minahasa juga turut terdampak La Nina ini. Namun saat dikonfirmasi, sampai saat ini belum ada kejadian yang cukup berat terjadi di wilayah Minahasa.

“La Nina ini memang menyebabkan cuaca ekstrim di wilayah Minahasa. Tapi syukur tidak ada laporan dan tidak ada kejadian berat sampai saat ini terkait bencana alam. Hanya ada beberapa pohon kecil yang tumbang di wilayah Tombariri tapi sudah langsung bisa diatasi,” tukas Kaban BPBD Minahasa Nofry Lontaan saat dikonfirmasi, Senin (19/10).

Untuk itu dia juga turut mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. “Diharapkan warga yang mengetahui kalau mereka berada di daerah rawan dan berpotensi bencana segera tingkatkan kewaspadaan. Lebih baik kalau segera melakukan evakuasi sebelum terjadi yang tidak diinginkan. Para pengendara juga diimbau untuk berhati-hati melintasi kawasan pepohonan, bertebing, curam dan kawasan pegunungan,” tukasnya.

Sementara itu, akibat angin kencang, kembali terjadi sebuah pohon tumbang di ruas jalan Tanawangko-Tomohon, tepatnya di Kecamatan Tombariri Timur, Senin pagi. Akibatnya ruas jalan tersebut menjadi terganggu dan mengalami kemacetan.

Beruntung, Babinsa Karel Wuisan langsung dengan penuh antusias langsung mengajak masyarakat pengemudi untuk memindahkan pohon tersebut.

Dengan sinergitas dan bahu-membahu, tidak butuh waktu lama pohon tumbang berhasil disingkirkan dan jalan tersebut kembali lancar dan normal.(cw-01/rgm)

-

Artikel Terbaru

Para Pelaku Pariwisata Berharap Pada Vaksin

MANADOPOST.ID- Kehadiran vaksin menjadi penting ketika angka positif COVID-19 menunjukkan penambahan kasus setiap hari. Angka-angka kasus positif yang terus bertambah ini tidak hanya terjadi di Indonesia

50 Persen ASN Mitra WFH

MANADOPOST.ID—Mulai pekan depan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Minahasa Tenggara (Mitra), akan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini dikatakan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) David Lalandos, Jumat (4/12).

Oknum Hukumtua Segera Ditahan Kejaksaan

MANADOPOST.ID—Oknum Hukum tua (Kumtua) Desa Malenos Baru, berinisial ST alias Sjeny dalam waktu dekat dipastikan ditahan dalam kasus dugaan penyalahgunaan Dana desa (Dandes).

Bertarung Nyawa, 40 Menit GSVL Dihantam Gelombang

MANADOPOST.ID-Cuaca buruk yang disertai dengan angin kencang dan gelombang tinggi selang 2 hari berturut-turut di kota Manado

DPR RI: Tarif Tol Manado-Bitung Mahal

MANADOPOST.ID—Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melaksanakan agenda rutin tahunan dengan mengunjungi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (4/12).