25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Pemkab Bahas Kembali Kerjasama Dengan BPJS Kesehatan

MANADOPOST.ID-Masyarakat Minahasa yang tercover jaminan kesehatannya bakal tetap dilayani apalagi yang masuk dalam kriteria penyakit kronis atau yang rutin mengambil obat-obatan.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr Maya Rambitan, pihaknya tetap menjamin pelayanan kesehatan 42.000 masyarakat Minahasa. Dan saat ini kata dia jika dalam pengobatan kartu JKN-KIS tidak aktif lagi, masyarakat dapat mengambil surat jalan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa.

“Jadi masyarakat yang dalam pengobatan ditanggung Pemkab Minahasa, bisa mengambil surat rekomendasi atau surat jalan dari Dinkes Minahasa untuk dibawah di RS tujuan,” ungkapnya kepada Manado Post.

Lanjut dia, jika dalam pelayanan terkendala proses pengurusan administrasi dan harus berobat mendesak, masyarakat dapat langsung datang di RSUD Tondano. “Pemkab menyediakan RS Tondano jika terjadi kendala pengobatan di RS yang telah bekerjasama dengan pihak Pemkab,” ungkapnya.

Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Minahasa Denny Mangala mengungkapkan untuk kembali bekerja sama dengan pihak BPJS sebagai stakeholder penjamin kesehatan masih dibahas. “Untuk kerjasama masih kita bahas. Tinggal lihat kedepan bagaimana,” singkat Mangala.

Sebelumnya, Bupati Minahasa Royke O Roring (ROR) mengatakan Pemkab Minahasa siap menjamin kesehatan 42.000 warganya. Caranya melalui pengobatan gratis di sembilan rumah sakit yang berada di provinsi itu. “Sebanyak 42.000 warga Minahasa ini akan berobat gratis di sembilan rumah sakit di Sulut,” kata ROR.

Dia mengatakan ada 42.000 warga Minahasa sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ditanggung pembiayaan kesehatan mereka jika berobat di sembilan rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Pemkab Minahasa.

Sembilan rumah sakit yang dimaksud masing-masing RSUD Sam Ratulangi Tondano, RSUD Noongan Langowan, RS Budi Setia Langowan, RS Siloam Sonder, RS Bethesda Tomohon, RS Gunung Maria Tomohon, RS Mata Manado, RS Awaloei Tateli dan RSUP Prof Kandou Manado.(cw-01/rgm)

Artikel Terbaru