22 C
Manado
Selasa, 27 Oktober 2020

Nelayan Tradisional Danau Tondano Kecam Penggunaan Soma Besar

MANADOPOST.ID–Para nelayan tradisional dari sejumlah kelurahan dan desa di pesisir Danau Tondano mendatangi kantor DPRD Kabupaten Minahasa, Senin (21/9). Kedatangan mereka untuk membawa aspirasi serta memperjuangkan kelestarian ekosistem Danau Tondano dan keberlangsungan nelayan tradisional.

“Jadi kami sebagai kumpulan kelompok nelayan dari beberapa desa dan kelurahan datang ke sini untuk menyampaikan keberatan karena penggunaan jaring soma besar oleh para nelayan dari Tandengan,” ungkap Stery Kamasi selaku koordinator lapangan.

Menurutnya, penggunaan jaring soma tarik dengan ukuran besar dapat merusak jalah dan pukat para nelayan yang sudah berpuluh tahun menangkap ikan secara tradisional. “Ini jelas-jelas mengganggu nelayan tradisional di pesisir Danau Tondano. Kami juga mengecam kalau jaring soma besar seperti itu direkomendasikan untuk digunakan,” katanya.

Menurut dia, penggunaan jaring soma besar secara terus menerus akan berdampak bagi kelangsungan hidup nelayan tradisional.

“Karena saat ini jumlah nelayan tradisional di wilayah Danau Tondano itu ada ribuan, sedangkan saat ini luas danau tondano tinggal berkisar 5000 hektar. Maka kalau diisinkan untuk digunakan soma itu maka tidak akan ada ruang lagi bagi nelayan tradisional menangkap ikan di danau tondano. Selain itu juga akan mengganggu ekosistem ikan di danau. Karena semua ikan akan terjebak, baik besar maupun kecil. Bisa-bisa kalau seperti itu terus, anak cucu kami kedepan tidak akan bisa menikmati ikan di danau karena pastinya akan rata habis,” tukasnya.

Terpisah, nelayan tradisional dari Kelurahan Tolour Eduardo Lado mengharapkan hal ini dianggap serius serta ditindaklanjuti pemerintah.

“Kami harap ini bisa dilihat dan ditindaklanjuti pemerintah supaya nelayan tradisional tetap bisa mencari ikan. Padahal kami sudah bertahun-tahun kami kumpulan nelayan dari seluruh pesisir danau tondano, ada dari Remboken, Passo, Kakas dan daerah pesisir lain selalu berdampingan mencari ikan. Tapi ketika kami melihat ada nelayan dari Tandengan menggunakan alat tangkap jaring soma atau jaring tarik yang tidak sesuai dengan kapasitas penggunaannya di danau, maka kami sepakat saat ini menolak hal tersebut,” tambahnya.

Saat ditemui para nelayan yang sedang berkumpul di halaman kantor DPRD Minahasa itu, menunggu waktu anggota dewan terhormat untuk menyampaikan aspirasi mereka.

“Saat ini kami berupaya membawa aspirasi ini kepada para anggota dewan terhormat supaya didengar dan ada tindaklanjutnya. Karena posisi kelangsungan hidup nelayan tradisional di pesisir danau tondano akan terancam dan ekosistem ikan di danau juga akan ikut terancam. Meski hari ini mungkin belum ada kesempatan bertemu, lain waktu kami akan kembali memperjuangkan aspirasi kami ini,” tukas Lado diaminkan para nelayan lain.(cw-01/rgm)

-

Artikel Terbaru

Silangen Dilantik, MJP Tantang Tetap Kritis pada Pemprov

Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Fransiscus Andi Silangen sah dilantik, kemarin. Banyak ucapan dan harapan mengalir dari rekan sekerjanya di DPRD Sulut. Salah satunya dari personel Komisi IV DPRD Sulut Melky J Pangemanan (MJP).

Taati Protokol Kesehatan saat Berlibur, Clay: Harus Disiplin dan Peduli

Akhir pekan ini, bakal ada libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad, 28-30 Oktober. Momen liburan panjang seperti ini biasanya dimanfaatkan untuk liburan. Mengingat pandemic Covid-19 belum berlalu, Pjs Bupati Clay JH Dondokambey SSTP MAP pun meminta masyarakat Minahasa Utara yang hendak berlibur, agar menerapkan protokol kesehatan secara disiplin supaya tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Warga Bitung Siap Bawa Kemenangan untuk VAP-HR

Dukungan untuk calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mengalir. Warga dari segala penjuru Sulut tak henti menyatakan dukungan untuk paslon nomor urut dua yang diusung partai NasDem ini. Seperti terpantau Senin (26/10), saat VAP-HR menggelar kampanye terbatas di sejumlah lokasi di Bitung, antusias warga tak terbendung meski kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Keke Minahasa Lolos Pantukhir Seleksi WARA Tingkat Sulut

Mariska Onibala, berhasil lolos kegiatan penentuan terakhir (pantukhir) seleksi Penerimaan Bintara PK (WARA) Wanita Angkatan Udara Gelombang II TA 2020, di Balai Prajurit Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulut, Senin (26/10).

Nostalgia di Persekolahan Advent Unklab, Clay: Saya Jualan Roti

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minut Clay June Dondokambey SSTP MAP, Senin (26/10) diundang ke talkshow Unklab Adventist Laboratory School. Kepala Biro Umum Pemprov Sulut ini pun diajak bernostalgia di Persekolahan Advent Unklab.