26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Anggaran Siap, Pilhut Diprediksi Pertengahan dan Akhir Tahun

MANADOPOST.ID–Anggaran untuk penyelenggaraan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di Kabupaten Minahasa telah teranggarkan dalam APBD Minahasa tahun 2021.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jeffry Tangkulung SH MAP. Menurut Tangkulung, ada 101 Desa di Kabupaten Minahasa khususnya Desa yang masa jabatan Hukum Tua (Kumtua) nya telah habis.

“Tahun 2020 lalu belum sempat dilaksanakan Pilhut karena anggarannya belum ditata. Sekarang Pemkab Minahasa melalui Dinas PMD telah memasukan anggaran dalam APBD tahun 2021 untuk melakukan pemilihan Kumtua,” bebernya.

Dipastikan, Pilhut di 101 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa akan bergulir tahun ini dan tinggal menunggu keputusan kapan pelaksanaannya. “Saya menghimbau kepada semua kumtua yang telah habis masa jabatannya untuk meninggalkan teladan sebagai pemimpin kepada warganya masing – masing”, harapnya.

Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Denny Mangala menyebut alasan pelaksanaan Pilhut terus ditunda dikarenakan pandemi Covid-19 masih berlangsung. “Belum dibahas, karena ada edaran dari Mendagri untuk penundaan pelaksanaan Pilhut jika pandemi Covid-19 masih meningkat,” beber Mangala.

Dia memastikan Pilhut tetap dilakukan pada tahun ini. Bisa pada pertengahan atau akhir tahun. “Kita lihat nanti. opsi pelaksanaan Pilhut bisa dipertengahan tahun atau akhir tahun ini. Yang pasti kita laksanakan 2021 karen sudah ditata,” kunci dia.(cw-01/gnr)

Artikel Terbaru