30C
Manado
Rabu, 20 Januari 2021

PALAKAT!! Pilhut di Minahasa Resmi Ditunda 2021

MANADOPOST.ID—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, memastikan pemilihan hukum tua (Pilhut) ditunda 2021 mendatang.

Pernyataan tersebut diungkapkan Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring, melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala, Senin (22/6). “Pemilihan Hukum tua ditunda tahun 2021 mendatang,” kata Mangala.

Alasan ditundanya Pilhut 99 desa ini dikarenakan berbagai alasan. Pertama karena anggarannya dialihkan ke Covid-19. Kedua tahun ini pilkada ditunda dan dilaksanakan Desember. “Kita tidak bisa menggelar pemilihan berbenturan dengan agenda besar nasional,” jelasnya.

Dengan ditundanya pilhut ini, Pemkab Minahasa berharap semua Pejabat Hukum Tua maupun Pelaksana Tugas (Plt) wajib memberikan pelayan yang baik bagi masyarakat.

“Pemkab mengharapkan seluruh kumtua yang statusnya Plt maupun pejabat, wajib memberikan pelayanan terbaik sesuai visi misi bupati dan wakil bupati. Jika kinerja pelayanan tidak sesuai maka akan dikaji dan dievaluasi,” tegasnya.

Untuk Masyarakat, Mangala meminta bersabar sembari menjaga keamanan tetap kondusif. “Masyarakat diimbau dapat memahami kondisi yang terjadi dan masyarakat dapat menjaga kondusifitas kamtibmas yang ada di masing -masing desa,” harapnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Minahasa Jeffry Tangkulung SH MAP menambahkan, apa yang telah diputuskan pemerintah sudah melalui kajian.

“Pilhut resmi ditunda, karena sudah dikaji. Di masa pandemi ini kita tentu tak bisa melakukan kumpul massa, tentu tahapan-tahapan Pilhut tak bisa dilakukan tahun ini,” tambahnya.

Dirinya pun menyebut, kepada sebagian hukumtua yang berstatus Plt, wajib memberikan pelayanan yang tulus serta tunjukan kepercayaan kepada masyarakat.

“Ini berlaku bagi kumtua yang berstatus Plt ataupun definitif. Mereka wajib menunjukan rasa kepercayaan dari masyarakat,” pungkasnya.(mega)

Artikel Terbaru