29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Nainggolan: Tak Dapat Pendampingan Hukum

Terkait Penyaluran Bansos, Hukumtua-Pejabat Diwarning

MANADOPOST.ID–Warning terhadap hukumtua terkait penyaluran bantuan sosial (bansos) menggunakan dana desa (dandes) terus disampaikan. Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Willem Nainggolan SH mengatakan, pemerintah desa harus transparan mengelola dandes.

Khususnya bagi penerima bansos dan pengadaan barang penanganan Covid-19. “Jangan sekali-kali merekayasa data penduduk penerima bansos atau mark up harga pembelian pengadaan barang untuk penanganan Covid- 19. Sebab jika ada kumtua tersandung kasus ini, tidak ada pendampingan Hukum dari Pemkab Minahasa,” tegas Nainggolan.

Menurut dia, jika ada Kumtua tersandung kasus terkait penanganan Covid-19 terlebih masalah Bansos, itu merupakan tindakan pribadi atau oknum. “Jangankan Kumtua, pejabat Pemkab saja yang terjerat kasus pribadi, tidak ada pendampingan hukum dari pemerintah,” tukasnya.

Hal yang juga disebutkan Asisten Pemerintahan dan Kesra Minahasa Denny Mangala. Ia menyebutkan data masyarakat penerima bansos, baik dari Kementerian Sosial (Kemensos) maupun desa jangan pernah dimanipulasi. Begitu juga pembelian barang yang akan digunakan penanganan Covid-19 di setiap desa. Harus mengacu pada aturan.

“Semuanya harus berdasarkan mekanisme. Jika kedapatan ada oknum kumtua yang melakukan penyimpangan terhadap bansos mapun pengadaan barang untuk penanganan Covid-19, akan berurusan dengan hukum,” pungkasnya. (mega)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.