29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

17.159 KK di Minahasa Terima BST

MANADOPOST.ID–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bakal mengirim data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) ke pemerintah pusat lewat Kementerian Sosial. Ini berdasarkan datayang disusun Tim Relawan Independen desa dankelurahan.

“Pemasukan data di 25 kecamatan tuntas. Hari ini (kemarin) akan disampaikan ke Kementerian Sosial,” kata Kepala Dinas Sosial Minahasa Royke Kaloh, Jumat (24/4).

Dijelaskannya, data penerima bantuan sosial tunai ini berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan diverifikasi tim independen. Guna mencari keabsahan calon penerima yang layak maupun tak layak. Namun kata dia, DTKS tersebut tidak akan menjadi acuan sebagai data penerima bansos.

“DTKS itu bukan harga mati. Sesuai petunjuk menteri social, jika dalam data tersebut didapati oleh relawan dan dibahas dalam musyawarah ada keluarga yang sudah tidak layak dengan alasan pindah domisili, meninggal dunia, maupun berubah status sosialnya atau ekonominya sudah mapan, silahkan dihapus dan diganti dengan keluarga yang benar-benar layak mendapat bantuan. Namun semua lewat musyawarah,” tegasnya.

Kaloh pun meminta relawan benar-benar mendata dengan baik terkait calon penerima. “Tim idependen terdiri dari ketua yakni hukumtua, lurah. Anggotanya dan BPD, LPM, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda termasuk LSM. Kami minta data akurat. Yang berhak menerima bansos tunai adalah mereka yang tidak mampu, di luar mereka yang menerima PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai, dan pekerja penerima upah rutin, yakni ASN, THL, TNI, Polri, termasuk perangkat desa dan kelurahan,” sambung Kaloh.

Adapun nominal dana BST yang bakal diterima setiap keluarga Rp600 ribu per bulan. Dalam jangka waktu tiga bulan. Mulai April, Mei, Juni.

Sementara jumlah penerima BTS untuk Minahasa sebanyak 17,159 kepala keluarga (KK). “Bantuan tersebut langsung ke rekening penerima maupun lewat kantor pos,” pungkasnya. (mega)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.