31.8 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Gelar Aksi, Petani Kelelondey Tuntut Hak Atas Lahan Pertanian

MANADOPOST.ID–Bertempat di Polres Minahasa, ratusan masyarakat petani Kelelondey melakukan aksi damai, Kamis (24/9). Aksi tersebut diterima Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala didampingi Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang dan Dandim Minahasa Letkok Inf Andy Sinaga.

Dalam aksinya, masyarakat menuntut pemerintah kabupaten dan provinsi membela hak rakyat. Khususnya lahan pertanian Kelelondey yang saat ini diambil alih pihak TNI.

“Kami ingin pemerintah itu bertindak cepat dan jangan mengulur-ngulur waktu. Jangan mengenyampingkan kepentingan masyarakat, karena kami masyarakat memiliki hak kepemilikan atas lahan pertanian itu. Pemerintah terlalu lama menunda-nunda dan seakan-akan menghalangi kami mendapatkan hak kami,” ungkap koordinator aksi Romel Manaroinsong, Kamis (24/9).

Masyarakat petani Kelelondey juga mendesak Gubernur Sulut untuk memperhatikan dan mendengar secara langsung aspirasi para petani. Apalagi banyak petani melihat baik gubernur dn bupati terus memberikan bantuan sertifikat tanah bagi masyarakat di daerah lain. Namun tidak dengan masyarakat petani Kelelondey.

“Bagaimana pemerintah terus memberikan sertifikat kepada masyarakat dari tanah negara. Tapi kenapa kami petani Kelelondey, tanah itu sudah ada sertifikat hak milik kok masih mau diambil pihak lain. Ini tidak adil. Untuk itu kita mendesak gubernur untuk datang menemui kami petani Kelelondey dan memberikan solusi yang berpihak kepada kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah Asisten Satu Denny Mangala mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan bupati juga gubernur untuk mendengarkan keluh kesah masyarakat, namun hal tersebut memerlukan waktu.

“Karena ini bukan kewenangan bupati untuk memutuskan siapa punya. Begitu juga pak dandim bukan wewenangannya untuk memutuskan. Tapi ini koordinasinya harus di tingkat pemerintah pusat. Bisa menjadi wewenang menteri pertahanan dan menteri keuangan. Untuk itu kami tetap akan sampaikan ini ke bapak gubernur untuk bisa mendapat solusi dan jalan keluar secepatnya. Masyarakat hanya perlu untuk berkepala dingin dan sabar,” tukasnya.

Sebelumnya diketahui, sejak beberapa bulan terakhir, masyarakat dibuat gempar dengan berbagai aksi damai yang dilakukan ratusan petani Kelelondey. Diketahui, aksi itu dalam rangka memperjuangkan hak-hak para petani yakni lahan perkebunan Kelelondey, Langowan Barat yang tengah berkonflik dengan pihak TNI.(cw-01/rgm)

-

Artikel Terbaru

Kader Senior Beringin Dukung FDW-PYR

MANADOPOST.ID—Kader senior Partai Golkar (PG) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Nogi Purukan menyatakan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati

Milenial BMR Siap Menangkan Olly-Steven

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terhadap Paslon Petahana Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) di Pilkada Sulut 2020, terus bergelombang.

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.