31 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Awas! Tujuh ASN Masuk Radar Bawaslu

MANADOPOST.ID–Menjelang Pilkada 9 Desember mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa terus mengatensi setiap dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Investigasi potensi pelanggaran pun gencar dilakukan. Alhasil sejumlah dugaan pelanggaran netralitas ASN di Minahasa masuk radar Bawaslu.

Hal tersebut dibenarkan Anggota Bawaslu Kordiv Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Erwin Sumapouw. Diakuinya, saat ini pihaknya masih dalam proses investigasi lanjutan terkait temuan netralitas tersebut.

“Ada sekitar lima sampai tujuh orang, sementara ini baru dugaan-dugaan. Jadi masih akan kita kaji lagi,” bebernya saat ditemui baru-baru ini.

Meski begitu, demi privasi Sumapouw masih enggan membuka identitas ASN yang menjadi target pelanggaran netralitas. Berdasarkan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomot 14 tahun 2017 terkait penanganan pelanggaran, pihaknya masih dalam tahapan informasi awal.

“Karena tidak ada yang melaporkan, jadi kita sementara menginvestigasi terkait pelanggaran netralirasnya. Nanti dari investigasi yang ada, kita akan memutuskan, apakah bisa ditindaklanjuti dalam proses penanganan pelanggaran atau tidak. Ketika dia bisa ditetapkan sebagai pelanggaran, maka akan kita tetapkan itu menjadi temuan. Tentunya berdasarkan laporan hasil pengawasan kita. Dari hasil investigasi tadi yang merupakan informasi awal,” jelasnya.

Setelah menjadi temuan, baru pihak Bawaslu akan melakukan proses penanganan pelanggaran.

“Kita juga akan memberitahukan terkait penanganan pelanggaran itu statusnya seperti apa. Apakah akan kita rekomendasikan ke KASN atau ada dugaan pelanggaran yang lain. Terkait proses penanganan pelanggaran, tetap akan kami panggil untuk dimintai keterangan, baik itu terduga atau saksi,” pungkasnya.(cw-01/rgm)

-

Artikel Terbaru

Demi Bolsel, Iskandar-Deddy Ubah Lawan Jadi Teman

MANADOPOST.ID—Pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) kian menarik saja. Sebab hampir dipastikan seluruh elemen masyarakat pesisir selatan BMR ini, mendukung

Gorango Community Menangkan OD-AA

MANADOPOST.ID—Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan calon Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA) menghadiri peresmian Rumah Relawan Gorango Community di Paal II Manado.

ODC Perkuat SB-RG di Boltim

MANADOPOST.ID—Kehadiran Olly Dondokambey Center (ODC) di bawah komando Ketum Ferry Wowor di Boltim, menambah kekuatan paslon Drs H Suhendro Boroma MSi-Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG).

Money Politics Naik, Modus Sembako Uang Tunai

MANADOPOST.ID—Sejumlah pelanggaran diduga terjadi selama tahapan pilkada, yang saat ini sementara berlangsung di Sulawesi Utara (Sulut). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut membeber, sudah ada aduan masuk dari 15 kabupaten/kota.

Dukung Olly-Steven, Sesepuh Golkar `Reuni` di SaVeRo

MANADOPOST.ID—Pemandangan menarik terlihat di Tondano, Senin (19/10) kemarin. Panji berwarna kuning terlihat menyatu dengan warna merah.