27 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Pemkab Minahasa All Out Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID, MINAHASA- Kabupaten Minahasa di bawah pimpinan Bupati Dr Royke Octavian Roring MSi dan Wabup Dr Robby Dondokambey SSi, super all out menangani pandemi Covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya. ROR-RD, bersama forkopimda, rapat koordinasi via video conference (Vicon) bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang dan Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa. Vicon ini diketahui diikuti para bupati dan wali kota se-Sulut. ROR-RD ikut vicon dari ruangan Command Center Minahasa, Selasa, (31/3). Setiap kepala daerah memberikan laporan kepada Gubernur Olly terkait upaya yang dilakukan di masing-masing daerah.

Dalam kesempatan ini, ROR-RD mendengarkan arahan dari gubernur, pangdam dan kapolda. “Kami melaporkan kepada bapak gubernur apa upaya dan penanganan serta langkah antisipasi yang sudah kami lakukan,” sebut ROR, didampingi Wabup RD. Usai rapat vicon, ROR langsung memimpin rapat jajaran Pemkab Minahasa, juga melalui vicon. Rapat ini diikuti seluruh jajaran. Semuanya memberikan laporan mengenai kondisi di lapangan serta langkah cepat dan tepat pencegahan Covid-19. “Mari kita bersatu memerangi menyebarnya virus corona di wilayah Minahasa,” pesannya.

EVALUASI: Bupati Minahasa Royke Roring memimpin rapat via vicon dengan Forkopimda dan Jajaran, Kamis (2/4).

Bupati ROR juga mengevaluasi semua kebijakan yang dikeluarkan pemerintah kabupaten, terkait penanganan pencegahan Covid-19. Evaluasi kebijakan ini dilakukan dalam rapat yang dipimpin langsung Bupati ROR melalui Video Conference, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran Pemkab Minahasa Kamis (2/4). “Ada beberapa kebijakan yang diperketat, seperti pengawasan terhadap warga yang baru datang dari luar negeri maupun luar daerah. Pemerintah akan membuat pos-pos jaga di setiap pintu masuk wilayah Minahasa, dengan melibatkan TNI Kodim 1302 dan Polres serta Pol PP,” kata bupati.

Lanjut kata dia, para Camat, Hukum Tua dan Lurah diminta memantau dan mengontrol para pendatang maupun orang dalam pemantauan (ODP). Demikian juga dengan Dinas Kesehatan dan tim, agar mengadakan kunjungan serta kontrol pada ODP, minimal tiga kali dalam 14 hari masa isolasi, sampai pada penetapan status orang tersebut selesai pemantauan.
“Pembatasan kegiatan di pasar, diharapkan masyarakat tetap menjaga jarak saat berbelanja. Akan diadakan pemantauan intensif terkait penimbunan bahan pokok. Bila ada temuan, Pemkab dan pihak TNI-Polri akan menindak tegas,” tandasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch Roring Lumanauw SIP menyerahkan bantuan Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Tahun 2020, di Panti Sosial Tresna Werda INA I, Senin (27/4).

Kepedulian juga ditunjukkan Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch Roring Lumanauw SIP. Bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa, melalui Dinas Sosial menyerahkan secara simbolis bantuan Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Tahun 2020, di Panti Sosial Tresna Werda INA I, Kelurahan Tounkuramber, Kecamatan Tondano Barat, Senin (27/4).

Diserahkan langsung oleh Istri Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring M.Si, Ketua TP PKK Kab Minahasa Dra. Fenny Roring Lumanauw, SIP kepada para penerima bantuan, LKS-LU (Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia) Debora Rp 405.000.000; LKS-LU INA I Rp 405.000.000; LKS-LU Elshaday Rp 405.000.000; LKS-LU Masawangan Rp 270.000.000; LKS-LU Pengasih Rp 270.000.000. Ini adalah penyerahan bantuan tahap satu, dengan bantuan keseluruhannya sebesar Rp 2.500.200.000 dan tahap kedua akan diserahkan selanjutnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch Roring Lumanauw SIP menyerahkan bantuan Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Tahun 2020, di Panti Sosial Tresna Werda INA I, Senin (27/4).

Lumanauw menyampaikan, wabah Covid-19 tak hanya berdampak pada aspek kesehatan saja, tetapi juga ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan pemerintah, baik pusat maupun daerah.”Mari kita sama sama mengikuti anjuran dari pemerintah dan harapan saya supaya kita di berkati selalu dan di jauhkan dari wabah covid 19 ini bagi kita semua masyarakat di Kabupaten Minahasa dan semoga bantuan ini pula dapat berguna dan memenuhi kebutuhan para lanjut usia yang menerima bantuan ini,” tukasnya.(***)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.