25 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Mangala: Kartu Sehat Khusus Warga Luar Daerah Minahasa

MANADOPOST.ID–Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Minahasa, menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, serta diwajibkan pakai masker.

Bahkan, di beberapa desa/kelurahan mewajibkan para pengunjung membawa kartu kewaspadaan dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas. Tak terkecuali warga Minahasa sendiri.

Menanggapi hal tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa Dr Denny Mangala mengatakan, kartu kewaspadaan hanya berlaku khusus masyarakat dari luar daerah. “Di beberapa desa memamg meminta kartu kewaspadaan, tapi itu untuk tamu yang dari luar Minahasa,” kata Mangala kepada media ini, Selasa (26/5).

Sedangkan kartu kewaspadaan tersebut, kata dia, harus yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan atau Puskesmas daerah asal. “Kalau warga Minahasa yang ingin beraktivitas ke desa lain atau pun kecamatan yang ada di minahasa, tidak perlu kartu kewaspadaan. Hanya diperiksa suhu tubuh dan wajib memakai masker,” sebut Mangala.

Dikatakannya, hingga saat ini belum ada penerapan sesama masyarakat Minahasa diminta kartu kewaspadaan, jika ingin berkunjung ke desa atau pun kecamatan lain. Sedangkan beberapa pos pemantauan yang ada di sejumlah titik akses masuk Minahasa, lanjut dia, hanya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan masker.

“Sesuai protokol kesehatan, pengendara bersama penumpang harus dilakukan pemeriksana suhu tubuh dan wajib pakai masker,” kata koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Minahasa ini.

Lepas dari itu, Mangala berharap masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah. “Jika terpaksa keluar rumah harus gunakan masker, sering cuci tangan dan jauhi kerumunan,” pungkasnya.(cw-01/gnr)

-

Artikel Terbaru

Pemerintah Harap Masyarakat Mampu Bisa Vaksinasi Mandiri

MANADOPOST.ID - Penegakan disiplin protokol kesehatan dengan menjalankan 3M (Memakai Masker, Menjaga jarak dan Mencuci Tangan) menjadi upaya pencegahan utama dalam menghadapi COVID-19 saat ini.

Wonder Woman 1984 Segera Meluncur di Bioskop Indonesia, Catat Ini Tanggalnya!

Setelah diundur berbulan-bulan, film Wonder Woman 1984 akhirnya menemukan jadwal tayang pastinya di bioskop Indonesia. 16 Desember menjadi tanggal dirilisnya film arahan Patty Jenkins itu.

Wakasau Inspeksi ke Lanud Sam Ratulangi

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto SH MDS, melakukan kunjungan kerja di Lanud Sam Ratulangi Manado.

Sinergitas TNI-Polri

TUJUAN nasional bangsa Indonesia diamanatkan dalam alinea keempat pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

DJP Tegaskan Insentif Pajak Bagi WP, Terobosan Pemulihan Ekonomi

Wajib pajak (WP) di Sulut yang belum melaporkan pajaknya akibat dampak pandemi Covid-19 diimbau untuk memanfaatkan insentif pajak yang merupakan kebijakan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN).