alexametrics
26.4 C
Manado
Selasa, 19 Oktober 2021
spot_img

Waspada! Sejumlah Wilayah di Minahasa Masuk Kategori Rawan Bencana

MANADOPOST.ID–Cuaca tidak menentu seperti hujan keras disertai angin kencang yang sering terjadi membuat warga di Kabupaten Minahasa makin was-was. Apalagi mereka yang tinggal di bantaran sungai atau lokasi rawan longsor.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Diharapkan warga yang mengetahui kalau mereka berada di daerah rawan dan berpotensi bencana segera tingkatkan kewaspadaan. Lebih baik kalau segera melakukan evakuasi sebelum terjadi yang tidak diinginkan,” imbau Kepala BPBD Minahasa Nofry Lontaan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/7).

Para pengendara juga diimbau untuk berhati-hati melintasi kawasan pepohonan, bertebing dan curam saat sedang cuaca buruk. Lontaan mengimbau agar lebih berhati–hati juga saat melewati kawasan pegunungan.

Meski di Minahasa belum ada kasus bencana alam, dia pun mengajak warga untuk mengantisipasi dengan cara menanam pohon buah. Baik masyarakat di sekitar Kota Tondano maupun yang ada di pedesaan.

“Menanam pohon juga merupakan salah satu upaya mengurangi pencegahan bencana, dan mengurangi terjadinya pendangkalan Danau Tondano di sebabkan pegunungan sudah banyak berkuarang pepohonan,” tutupnya.(cw-01/rgm)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru