31 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

Juli-Agustus Samsat Beri Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor, Segini Rinciannya

MANADOPOST.ID—Pendapatan asli daerah (PAD) yang menurun selama masa Pandemi Covid-19, memaksa pemerintah harus putar otak. Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Sulut, mengeluarkan kebijakan pengurangan nilai pokok pajak kendaraan bermotor (PKB) dan pembebasan denda serta bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

Dikatakan Kepala Bapenda Sulut Olvie Ateng, melalui Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Tondano Chress Mingkid, kebijakan yang akan dimulai 1 Juli sampai 31 Agustus 2020 ini, merupakan bentuk perhatian pemprov kepada wajib pajak atas bencana non alam Covid-19.

“Ini juga bagian dari program online dalam selesaikan kewajiban yang terus digalakkan Pemprov Sulut untuk meringankan beban masyarakat wajib pajak,” ucap Mingkid saat ditemui di ruang kerjanya, pekan lalu.

Ia menjelaskan, kebijakan ini telah diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 33 yang dikeluarkan Pemprov Sulut melalui Bapenda Provinsi Sulut.

“Untuk besar pemberian keringanan tunggakan pokok PKB tahun kedua dan seterusnya diberikan potongan mulai dari 50 persen sampai 100 persen, denda keterlambatan PKB diberikan pembebasan 100 persen dan BBNKB diberikan potongan 50 persen. Sementara untuk tahun pembuatan 5 Tahun terakhir dapat potongan 100 persen,” jelasnya.

Ia menambahkan, program ini berlaku bagi seluruh masyarakat Sulut yang memiliki kendaraan bermotor, termasuk perusahaan. “Semoga bisa meringankan beban masyarakat Sulut ditengah Pandemi Covid-19 dan mendorong bangkitnya perekonomian di Sulawesi Utara,” katanya, sembari menjelaskan, untuk pembayaran pajak tahunan dapat dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Info Pajak Kendaraan Sulut.

Selain itu juga bisa dibayarkan melalui ATM/Teller, M-Banking Bank SulutGO, serta aplikasi Samsat Online Nasional yang dibayarkan melalui ATM/M-Banking Bank BRI, BTN, dan Bukopin. “Bagi wajib pajak yang ingin memanfaatkan program keringanan PKB dapat menghubungi Kantor UPTD Samsat Tondano,” terangnya.

Mingkid juga mengajak masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa untuk memanfaatkan program pro rakyat yang sudah dikeluarkan Pemprov Sulut. “Terima kasih kami ucapkan kepada masyarakat Minahasa yang taat membayar pajak. Dengan membayar pajak kita sudah berkontribusi dan berpartisipasi secara langsung untuk pembiayaan pencegahan penyebaran Covid-19,” tandasnya. “Program ini juga sekaligus dalam rangka merayakan HUT Bhayangkara dan HUT RI,” pungkasnya.(cw-01/gnr)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.