23C
Manado
Minggu, 11 April 2021

Disurati Pemprov, ROR-RD Desak Hukum Tua Masukan LPJ

MANADOPOT.ID–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut melalui surat edaran, mendorong Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Dana Desa (Dandes) setiap daerah untuk segera dimasukkan.

Dandes diketahui dibutuhkan guna mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Memanggapi hal tersebut, Bupati Minahasa Royke O Roring didampingi Wakil Bupati Robby Dondokambey (ROR-RD) menyatakan siap mendesak para Hukum Tua.

“Untuk dana desa sebenarnya sudah berjalan di Minahasa. Namun jika ada yang laporan pertanggung jawabannya belum tuntas atau belum dimasukan maka penyalurannya tertunda,” kata ROR yang turut dibenarkan RD, ketika diwawancarai, Selasa (30/3).

Lanjut dia, pihaknya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah melakukan sosialisasi beberapa kali dan mendesak para Hukum Tua. “Kami dari Pemkab Minahasa meminta tentu kerjasama dari para Hukum Tua. Karena dalam dana desa dianggarkan untuk BLT yang pastinya ditunggu masyarakat penyalurannya,” pungkasnya.

Terkait edaran percepatan penyaluran dandes, dikatakan Kepala Dinas PMD Minahasa belum ada. “Untuk edarannya memang belum sampai ke kami. Namun perlu dikatakan sosialisasi dan dorongan selalu disampaikan kepada para Hukum Tua,” ungkap Tangkulung.

Menurut dia, kerja sama yang dibangun antara Pemkab Minahasa dalam percepatan penyaluran DD tidak berjalan baik jika tanpa dukungan kerjasama dari Hukum Tua.

“LPJ ini sangat penting. Karena untuk kebaikan bersama. Jika DD disalurkan sebelum masuk LPJ bisa saja nanti akan ada temuan, dan pastinya Hukum Tua juga akan disalahkan,” jelasnya sembari berharap dalam sepekan LPJ dapat segera dilengkapi. Perlu diketahui, Alokasi Dana Desa untuk Kabupaten Minahasa pada 2021 ini sebesar Rp170.710.121.000.(cw-01/gnr)

Artikel Terbaru