28.9 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Dijelaskan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Minahasa Frits Muntu, digesernya anggaran untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan bukan hal yang disengaja.

“Kita sadar kalau pembayaran iuran BPJS Kesehatan adalah kewajiban namun ini bukan suatu yang disengaja melainkan karena ada bencana non alam yaitu Covid-19. Hal itu membuat sebagian besar anggaran yang sudah ditata dalam APBD 2020 digeser pada program-program penanganan Pandemi covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Minahasa,” ungkap Muntu.

Meski begitu, dia menegaskan kewajiban membayar iuran BPJS tersebut menurutnya akan ditata dalam APBD tahun 2021 mendatang.

“Tahun depan kami pastikan akan menyelesaikan kewajiban tersebut dan tentu kita berdoa bersama agar Pandemi COVID-19 ini tidak berkepanjangan, sehingga tahun 2021 program pembangunan yang anggarannya tertata tidak lagi mengalami pergeseran anggaran,” ungkapnya.

Diketahui, Pemkab Minahasa telah menunggak iuran BPJS Kesehatan lebih dari enam bulan.

“Dari total jumlah tagihan Rp22.228.047.500, yang dibayarkan baru Rp 12.055.058.000. Sedangkan yang belum dibayarkan sebanyak Rp10.172.989.500. Sehingga kalau tidak terbayarkan, maka di akhir tahun kita lakukan evaluasi sesuai dengan yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU).

Jadi, konsekuensinya atau resiko terburuknya yaitu tidak lagi diperpanjang kerja sama di tahun 2021,” tukas Kacab BPJS Kesehatan Tondano Erfan Chandra Nugraha.(cw-01/rgm)

-

Artikel Terbaru

Kotamobagu Akan Terapkan Elektronifikasi Transaksi Pemda

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, mengatakan pemerintah akan mengeluarkan regulasi Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Bolmong Mulai Salurkan Bantuan Bantuan Tahap VII

MANADOPOST.ID--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali menyalurkan Bantuan tahap VII bagi masyarakat terdampak akibat pandemi Covid-19.

1.600 Tenaga Kerja Tercover BPJS Ketenagakerjaan

MANADOPOST.ID—Untuk melindungi tenaga kerja baik formal maupun informal, Pemkab Sangihe melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sangihe mengakomodir 1.600 tenaga kerja dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Tahun Depan Pembangunan Depot Pertamina Talaud Running

MANADOPOST.ID-- Pembangunan Depot Pertamina di Talaud direncanakan running tahun  depan. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga.

Kemenpar RI Perkuat Destinasi Super Prioritas Likupang

Mewujudkan destinasi pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) RI menggelar Focus Group Discussion (FGD), Jumat (27/11).