27 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

KPU Tomohon: Media Jadi Pencerah dan Referensi Literasi Publik

MANADOPOST.ID – Media jadi mitra sekaligus corong informasi bagi pemerintah dan stakeholder terkait. Menyampaikan program dan kebijakan kepada masyarakat luas. Lebih khusus lagi, dalam konteks pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020. Media didaulat jadi sumber referensi, informasi aktual, yang dijadikan publik sebagai sarana literasi.

Mengikuti sejauh mana perkembangan terbaru, pelaksanaan pesta demokrasi. Tentunya dengan sinergitas bersama pihak penyelenggara. Dengan strategisnya peran tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon berharap, kehadiran media dapat menjadi penangkal berita hoax, pusat pemeriksa fakta dan sebagai pencerah dalam hal pemberitaan. “Media massa jadi referensi objektivitas dan tentunya dalam penyajian berita. Harus berimbang tanpa tendensi negatif,” ungkap Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut, membuka Diskusi dan Coffee Morning Bersama Media, Jumat (2/10) di Aula KPU Tomohon.

Sementara itu Komisioner Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas Stenly Kowaas menyatakan, banyaknya agenda dan tahapan yang dilakukan KPU, hingga di hari puncak 9 Desember nanti. Tentunya tak bisa optimal, tanpa peran media sebagai perpanjangan tangan penerus informasi ke konstituen.

“Penyelenggaraan Pilkada penuh dengan berbagai tahapan. Dan tak sedikit informasi yang wajib disampaikan langsung ke masyarakat. Dengan keterbatasan SDM, tentunya media jadi solusi menyebarluaskan informasi, baik pengumuman rekrutmen tenaga di lapangan, regulasi hingga hasil yang didapatkan pasca pemungutan suara nanti,” terang Kowaas.

Olehnya, pihaknya berharap, lewat gelaran yang diikuti seluruh pewarta di Kota Bunga. Bisa kembali memperkuat integritas media sebagai sumber informasi. Pelopor dan pencegah berita bohong atau hoax, sosialisasi, pendidikan politik dan akuntabilitas pada pelaksanaan Pilkada di Kota Bunga. Turut hadir sekaligus menjadi pemateri, Ketua PWI Sulut Drs. Vouke Lontaan, Ketua AJI Manado Lynvia Yinthze SL Gunde dan wartawan senior Idham Malewa SE.(yol/gnr)

-

Artikel Terbaru

Terbaik Kedua, Rotty Raih Penghargaan PKN Tingkat II

MANADOPOST.ID– Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Gran Puri Siapkan Pesta Pergantian Tahun Berkesan

PENAWARAN spesial di malam tahun baru. Hotel Gran Puri Manado mempersembahkan Aloha Pool and Grill Party 2021.

538 Wasit Pemilu Dirapid test

MANADOPOST.ID—Menjamin kesehatan penyelenggara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar rapid tes massal. Bagi seluruh jajaran pengawas pemilihan di setiap tingkatan, Kamis (26/11) kemarin.

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal