30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Jangan Ada Titipan KPPS, KPU: Itu Bahaya, Sanksinya Berat

MANADOPOST.ID – Peran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sangat strategis, dalam menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Demikian disampaikan Komisioner Divisi Teknis KPU Tomohon Robby Golioth, di sela Rakor Persiapan Pembentukan KPPS Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon Tahun 2020, di Aula KPU Tomohon, Jumat (2/10) kemarin.

“KPPS jadi ujung tombak pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Tomohon. Terlebih khusus di saat pelaksanaan Pungut Hitung nanti. Profesionalisme dituntut bagi seluruh KPPS,” ungkap Golioth di hadapan PPK dan PPS se-Kota Tomohon.

Lanjut dia, dalam proses perekrutan nanti, seluruh PPK dan PPS, wajib menganalisa dan mengenal seluk beluk calon KPPS. Utamanya, tidak terafiliasi dengan Paslon peserta Pilwako di Kota Bunga.

“Lihat dan kaji betuk latar belakang calon KPPS. Jangan sampai ada titipan KPPS yang terafiliasi dengan calon tertentu. Karena saat pemungutan suara nanti, Ketua KPPS jadi orang yang bertanggung jawab penuh dalam hari H nanti. Dia bertanda tangan, atas hasil pemungutan suara,” lugasnya. “Jangan sampai ada indikasi, merubah atau memanipulasi data dari KPPS, yang dilakukan secara sadar. Awas itu bahaya! Jangan coba-coba,” serunya lagi.

Bukan tanpa alasan memang, KPU Tomohon mewanti-wanti seluruh jajarannya, agar kasus pungut hitung, di Pilwako Tomohon 2015 Kota lalu yang berlanjut hingga ke tingkat Mahkamah Konstitusi. Agar tak lagi terjadi di Tanggal 9 Desember nanti. “Ini yang perlu ditekankan, kesadaran untuk melakukan tugas dan tanggung jawab. Sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku, dalam konteks menyukseskan Pilkada. Harus benar-benar dimiliki semua insan penyelenggara. Semua punya hak pilih dan politik, tapi ada batasan dan koridor yang mengatur,” tutup Golioth. (*)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Penglipuran Batasi Kapasitas Pengunjung Hingga 50%

Selalu ada hal menarik untuk diceritakan mengenai Pulau Dewata Bali, salah satunya adalah Desa Penglipuran yang terletak di Kelurahan Kubu, Kabupaten Bangli, Bali.

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.