30C
Manado
Kamis, 25 Februari 2021

Posko Covid kembali Diaktifkan

MANADOPOST.ID– Kondisi Pandemi Covid-19 di Sulut, lebih khusus di Kota Tomohon memerlukan penanganan ekstra. Pasalnya, dari data Tim Gugus Tugas Pusat, per tanggal 31 Januari lalu atau update terkini, Kota Bunga kembali masuk daftar Zona Merah.

Atau dengan kata lain, Kota Sejuk telah mengoleksi 1.458 kasus positif, sejak Maret 2020 lalu. Setelah seminggu sebelumnya sempat bertahan di Zona Orange. Upaya menurunkan kondisi zona resiko tersebut, dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan Toar Pandeirot, sesuai dengan instruksi Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

Pemerintah daerah diminta untuk mengaktifkan lagi, posko-posko Covid-19 di tingkat kecamatan hingga kelurahan.

“Usai mengikuti rapat koordinasi bersama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 pusat, salah satu arahan yang wajib dieksekusi pemerintah daerah. Yakni, mengaktifkan lagi keberadaan posko-posko secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan hingga kelurahan. Tujuannya untuk meminimalisir potensi terjadinya transmisi Covid-19, di tatanan lingkungan dalam masyarakat,” ujar Pandeirot, ketika diwawancarai, Rabu (3/1) kemarin.

Olehnya, Pandeirot berharap, peran dan kerja sama aktif seluruh perangkat pemerintah. Guna mempersiapkan seluruh kebutuhan yang diperlukan, untuk mengaktifkan kembali posko pencegahan tersebut.

“Teknisnya sementara dikoordinasikan bersama dengan Badan Keuangan Daerah. Untuk sisi pembiayaan pengoperasian posko-posko ini. Intinya, pemerintah terus berupaya agar bencana non-alam ini bisa secepatnya teratasi,” pungkas Pandeirot.(yol/gnr)

Artikel Terbaru