32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

Catut Nama Kapolres Tomohon, Warga Bekasi Nyaris Sikat Duit Warga

MANADOPOST.ID–Masyarakat Kota Tomohon diharapkan lebih berhati-hati dan waspada. Modus penipuan kini makin beragam. Terbaru, Tim URC Totosik Polres Tomohon, berhasil meringkus pelaku penipuan berkedok anggota Polri.

FRT alias Freddy (58), warga Jalan Merpati II Blok BP1/4 Bumi Dirgantara Permai Bekasi, Kecamatan Jatiasih, Provinsi Jabar. Otak pelaku penipuan pencatut nama Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK. Digelandang Tim Totosik usai nyaris mengelabui calon korbannya.

Dijelaskan Katim URC Totosik Aipda Yanny Warung, kronologi penangkapan tersangka dan satu kaki tangannya. Sesuai laporan yang masuk dari korban yakni Junia Supit, seorang Bidan di Puskesmas Tara-Tara Satu, Kecamatan Tomohon Barat.

“Freddy kita amankan bersama rekannya RM alias Mario (26) warga Desa Paleloan Lingkungan III Tondano Selatan. Keduanya diamankan saat berusaha memeras korban Junia. Sekira Pukul 15.00 Wita,” ujar Watung, ketika diwawancarai, Jumat (5/3)

Dijelaskan Watung, modus operandi keduanya yakni mengaku sebagai orang kepercayaan Kapolres Tomohon, dan menjelaskan pada korban jika tersangka Freddy merupakan tim investigasi kasus-kasus yang berkantor di Jakarta serta Mario merupakan asistennya.

Lanjutnya, pada Kamis (4/3) lalu, kedua tersangka datang ke kantor korban dan menyampaikan bahwa dirinya datang bertemu karena diperintahkan Kapolres Tomohon untuk melakukan investigasi di Puskesmas Tara-Tara.

“Membawa nama Kapolres Tomohon, untuk penyelidikan dugaan kasus yang terjadi di Puskesmas Tara-Tara dimana korban bekerja. Kemudian memberikan tawaran kepada korban, apabila ingin kasus tersebut tak ingin ditindaklanjuti.
Korban diwajibkan untuk memberikan uang sebesar Rp.15 juta,” papar Watung.

Korban yang tak mau tertipu kemudian menghubungi Tim URC Totosik dan melaporkan masalah tersebut. “Usai mendengar langsung penjelasan korban, kami menyuruh dirinya menghubungi dua tersangka dan menyanggupi akan memberikan uang yang diminta di seputaran Tugu Opo Dotu Tololiu. Dan keduanya pun berhasil kita amankan,” imbuh Katim.

“Usai mengatur jadwal pertemuan, tim pun bersiaga di lokasi sejak pukul 13.00 Wita. Dari informasi korban, kedua tersangka menggunakan kendaraan Xenia warna merah DB 1967 FB. Tak lama kemudian mobil tersangka muncul. Saat ini sudah diserahkan ke penyidik, biar ditindaklanjuti apakah ini sudah dilakukan sejak lama atau tidak,” pungkasnya

Adapun, barang bukti berupa kendaraan roda empat yang digunakan pelaku, sejumlah dokumen-dokumen fiktif, serta tanda pengenal dan identitas palsu.

Terpisah, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH melalui Paur Humas Aiptu Johny Rumagit membenarkan adanya penangkapan tersebut. “Benar, ada penangkapan pelaku penipuan modus membawa nama Kapolres. Sementara didalami penyidik,” singkatnya. (yol/gnr)

Artikel Terbaru